Bagaimana Cara Mengganti Utang Puasa yang Lupa Jumlahnya? Simak Baik-baik Penjelasan dari Ustaz Adi Hidayat

Bagaimana Cara Mengganti Utang Puasa yang Lupa Jumlahnya? Simak Baik-baik Penjelasan dari Ustaz Adi Hidayat

Cara Mengganti Utang Puasa yang Lupa Jumlahnya-Tangkap layar -YouTube Adi Hidayat official

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Masih bingung cara mengganti utang puasa yang lupa jumlahnya? Ustaz Adi Hidayat menjelaskan tata caranya supaya kita yang lupa jumlah utang puasanya bisa mengganti dengan benar sesuai tuntunan.

Ustaz Adi Hidayat menyampaikan bahwa sebelum memasuki bulan suci Ramadan, kita perlu melakukan muhasabah atau evaluasi terhadap ibadah kita selama tahun berjalan.

Kita perlu evaluasi apakah ada ibadah wajib yang terlewatkan. Misalnya puasa Ramadan tahun lalu ada yang bolong atau batal. Ini harus dicek, dihitung ulang dan segera mengganti puasa Ramadhan yang bolong.

Akan tetapi, bagaimana jika kita lupa jumlah puasa yang harus diganti? Apa yang harus dilakukan? Simak penjelasan Ustaz Adi Hidayat berikut.

1. Evaluasi atau Muhasabah Diri

Kita cek kembali alasan apa yang mendasari kita meninggalkan ibadah wajib di bulan Ramadan. Karena setiap alasan akan berbeda cara menggantinya.

Pastikan bahwa kita meninggalkan puasa karena alasan syar'i, bukan karena alasan yang disengaja dan tidak sesuai dengan tuntunan.

Misalnya: Tidak berpuasa karena sedang melahirkan/menyusui, tidak berpuasa karena kesehatannya terganggu, tidak berpuasa karena sedang musafir atau dalam perjalanan .

BACA JUGA:Jika Salat Tidak Khusyuk Apakah Tetap Diterima Allah? Begini Penjelasan Gus Baha

BACA JUGA:Kaum Jomblo Merapat! Inilah Doa Agar Mendapatkan Jodoh Terbaik dari Allah Menurut Gus Baha, Ayo Amalkan

2. Berniat untuk Mengganti

Tanamkan dalam diri untuk berniat mengganti puasa, apapun alasan yang menyebabkan meninggalkan puasa, maka kita wajib untuk menggantinya.

Jika alasan meninggalkan puasa karena alasan yang tidak diperbolehkan maka segeralah bertaubat dan memohon ampunan kepada Allah.

3. Hitung Ulang Jumlah Utang Puasa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: