Fresh Graduate Tak Perlu Minder! Ini 5 Cara Tampil Percaya Diri Saat Pertama Kali Wawancara Kerja

Fresh Graduate Tak Perlu Minder! Ini 5 Cara Tampil Percaya Diri Saat Pertama Kali Wawancara Kerja

Tampil percaya diri saat pertama kali wawancara kerja--freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Bagi fresh graduate, tidak mudah untuk bisa tampil percaya diri saat pertama kali wawancara kerja. Tentu saja, banyak kecemasan yang membuat mereka gugup.

Namun, bukan berarti tampil percaya diri saat pertama kali wawancara kerja bagi fresh graduate merupakan hal yang mustahil. Meski seorang fresh graduate menganggap dirinya minim pengalaman, bukan berarti dia tidak bisa tampil optimal.

Berikut ini akan disajikan beberapa cara khusus untuk fresh graduate agar bisa tampil percaya diri saat pertama kali wawancara kerja. Yuk, simak apa saja caranya!

Persiapkan banyak informasi

Kunci untuk bisa menjawab pertanyaan dengan lancar adalah membekali diri dengan banyak informasi, terutama informasi di bidang pekerjaan yang kamu lamar dan informasi terkait perusahaan tujuanmu.

Biasanya, mengetahui bahwa dirimu sudah memiliki informasi yang kaya bisa membuatmu tampil percaya diri saat pertama kali wawancara kerja.

Dalam hal ini, informasi yang perlu kamu siapkan utamanya adalah profil perusahaan dan posisi yang ingin kamu lamar.

Kamu juga perlu mengenali dirimu dengan baik, sehingga ketika recruiter bertanya tentang kekurangan, kelebihan, potensi, rencana kariermu ke depan, dan hal lainnya, kamu bisa memberikan jawaban dengan percaya diri.

Recruiter juga akan melihatmu sebagai pribadi yang well-prepared dan memiliki kemauan besar untuk tergabung dengan perusahaan jika kamu melakukan hal ini.

Berlatih memberikan jawaban

Di antara pertanyaan saat wawancara kerja, terdapat pertanyaan umum yang biasanya sudah diketahui oleh pelamar kerja sebelumnya baik di tempat yang sama maupun berbeda denganmu.

Maka, untuk bisa tampil percaya diri saat pertama kali wawancara kerja, kamu juga perlu untuk mendalami pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Kemudian, mulailah untuk mempersiapkan jawaban untuk pertanyaan itu dan berlatih untuk mengungkapkannya. Sehingga, kamu memiliki gambaran akan berkata seperti apa di depan recruiter nanti.

Pertanyaan umum yang bisa kamu persiapkan ini biasanya seperti profil dan latar belakangmu, pengalamanmu di bidang pekerjaan yang kamu lamar, atau profil singkat perusahaan dan dari mana kamu mendapatkan lowongan pekerjaan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: