6 Penyebab Umum Batu Ginjal di Tubuh Kamu dan Gejalanya yang Wajib Kamu Tahu, Bisa Menyerang Kapan Saja

6 Penyebab Umum Batu Ginjal di Tubuh Kamu dan Gejalanya yang Wajib Kamu Tahu, Bisa Menyerang Kapan Saja

Penyebab Umum Batu Ginjal --Youtube.com/Kata Dokter

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Berikut ini beberapa penyebab umum batu ginjal di tubuh dan gejalanya yang harus kamu perhatikan.

Baru-baru ini, penyakit batu ginjal menjadi sorotan setelah kasus seorang wanita Taiwan berusia 20 tahun yang menjalani operasi pengangkatan lebih dari 300 batu ginjal.

Gangguan fungsi ginjal berupa massa padat yang terdiri dari kristal-kristal tersebut juga menjadi perhatian, terutama bagi pecinta minuman kacang-kacangan.

Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa pasien dari Taiwan jarang menggunakan air mineral di masa lalu dan minum terlalu banyak kacang.

Kutipan dari laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI), penyakit batu ginjal atau nephrolithiasis adalah suatu kondisi terbentuknya endapan padat yang menyerupai batu ginjal.

Dalam beberapa kasus batu ginjal bisa terjadi karena faktor keturunan keluarga. Namun, kondisi ini juga sering terjadi pada bayi prematur. Namun, penyebab masalah ginjal ini tergantung pada jenis batunya.

Batu bisa terbentuk saat air seni mengandung terlalu banyak zat tertentu yang membentuk kristal. Kristal ini bisa berubah menjadi batu dalam beberapa minggu atau bulan.

BACA JUGA:Inilah 8 Makanan yang Dapat Menyehatkan Ginjal, Yuk Simak Apa Saja Jenisnya di Sini

BACA JUGA:Apa Saja Minuman Jus Buah Cegah Batu Ginjal untuk Lansia? Ini Dia 6 Daftarnya!

Berikut adalah tiga penyebab umum batu ginjal, menurut Penn Medicine.

1. Batu kalsium

Batu kalsium adalah penyebab paling umum dari batu ginjal. Sebagai aturan, penyakit ini paling sering terjadi pada pria berusia 20 hingga 30 tahun.

Kalsium biasanya dikombinasikan dengan berbagai zat lain untuk membentuk batu ginjal.

2. Oksalat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: