9 Gejala Penyakit Ginjal Pada Tahap Awal yang Harus Kamu Perhatikan, Mungkin Pernah Menyerangmu

9 Gejala Penyakit Ginjal Pada Tahap Awal yang Harus Kamu Perhatikan, Mungkin Pernah Menyerangmu

gejala penyakit ginjal pada tahap awal --Youtube.com/Sehat Secara Alami

Penyakit ginjal sering terjadi pada orang yang berusia di atas 60 tahun. Hal ini ditegaskan oleh hasil penelitian Universitas Johns Hopkins, yang menunjukkan bahwa lebih dari separuh populasi lansia di atas usia 75 tahun diduga mengidap penyakit ginjal. 

Minum minuman yang mengandung zat beracun

Konsumsi jamu yang mengandung kortikosteroid atau minuman berenergi secara berlebihan, serta minuman yang mengandung zat berbahaya seperti etilen glikol, dapat meningkatkan risiko kerusakan ginjal yang dapat menyebabkan gagal ginjal.

BACA JUGA:Inilah 8 Makanan yang Dapat Menyehatkan Ginjal, Yuk Simak Apa Saja Jenisnya di Sini

BACA JUGA:Apa Saja Minuman Jus Buah Cegah Batu Ginjal untuk Lansia? Ini Dia 6 Daftarnya!

Gejala Penyakit Ginjal pada Tahap Awal

Penyakit ginjal disebut juga silent disease karena jarang menunjukkan gejala yang spesifik, sehingga banyak pasien yang tidak menyadarinya.

Padahal, kondisi ini seringkali baru disadari setelah kerusakan ginjal menjadi cukup serius. Padahal, jika pengobatan tidak segera dimulai, kondisi ini bisa berbahaya.

Agar lebih waspada, berikut beberapa gejala penyakit ginjal stadium awal yang perlu kamu ketahui.

1. Mual

Salah satu ciri khas nyeri ginjal stadium awal yang cukup umum adalah mual. Penyebab mual pada penderita penyakit ginjal juga berbeda-beda, bisa jadi karena uremia, gangguan otot lambung, maag, GERD, atau efek samping obat.

2. Kelelahan ringan dan kepincangan

Kelelahan dan kelemahan ringan adalah gejala penyakit ginjal stadium awal, yang cukup umum tetapi sering diabaikan.

Kelelahan ringan, pusing, dan kelemahan pada pasien disebabkan oleh penumpukan racun dalam darah, karena disaring secara tidak tepat oleh ginjal.

Selain itu, keluhan ini juga disebabkan oleh produksi sel darah merah yang rendah akibat penurunan produksi hormon oleh ginjal sehingga pasien mengalami anemia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: