FPR Jateng Berkomitmen Lindungi Lahan Pangan dan Kawasan Industri

FPR Jateng Berkomitmen Lindungi Lahan Pangan dan Kawasan Industri

Sekretaris Daerah Provinsi Jateng Sumarno saat membuka workshop FPR Provinsi Jateng 2024 di Hotel Swiis Bellin Saripetojo Surakarta, Rabu, 28 Februari 2024. -istimewa -

SURAKARTA - Forum Penataan Ruang (FPR) Provinsi Jawa Tengah berkomitmen mewujudkan Jateng sebagai penumpu pangan dan industri nasional.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Jateng, Sumarno saat membuka workshop FPR Provinsi Jateng 2024 di Hotel Swiis Bellin Saripetojo Surakarta, Rabu, 28 Februari 2024. 

Sumarno yang juga selaku Ketua FPR Provinsi Jateng menjelaskan, salah satu visi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Jateng 2025-2045 adalah sebagai penumpu pangan dan industri nasional.

Kedua hal itu tidak lepas dari tata ruang, sehingga FPR Jateng harus bisa memenuhi semua unsur dan kepentingan. 

BACA JUGA:Pemprov Jateng Kejar Target Pengentasan Kemiskinan Ekstrem 0%

BACA JUGA:Mandiri Kelola Sampah, 48 Desa di Jateng Terima Penghargaan Desa Mandiri Sampah

"Inilah tugas kita sebagai Forum Penataan ruang  yang diberi amanah menjaga  tata ruang yang benar-benar bisa memberi keinginan semua pihak," ujar Sumarno.

Terkait visi Jateng sebagai penumpu pangan nasional, kata dia, yang utama adalah upaya semua pihak terkait menjaga lahan-lahan penghasil pangan agar tidak terganggu atau dialihfungsikan untuk sektor lain.

"Sebagai penumpu industri bertolak belakang dengan penumpu pangan, sehingga bagaimana agar kawasan industri bukan di lahan-lahan penghasil pangan. Inilah yang menjadi tanggung jawab kita bersama," katanya.

Sumarno mengatakan, tata ruang tidak hanya masalah pangan dan industri, tapi juga upaya menjaga kelestarian lingkungan.  (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: