Salat Tarawih, Makmum Ketinggalan Baca Al Fatihah karena Imam Terlalu Cepat? Ini Solusi dari Ustaz Adi Hidayat

Salat Tarawih, Makmum Ketinggalan Baca Al Fatihah karena Imam Terlalu Cepat? Ini Solusi dari Ustaz Adi Hidayat

Salat Tarawih, Makmum Ketinggalan Baca Al Fatihah karena Imam Terlalu Cepat? Ini Solusi dari Ustaz Adi Hidayat-Tangkap layar -YouTube Adi Hidayat official

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Apakah ada yang pernah ketinggalan baca Al Fatihah saat salat tarawih karena imam terlalu cepat? Di sini ceramah Ustaz Adi Hidayat membahas solusinya jika kita ada yang pernah mengalaminya.

Melansir dari video Ustaz Adi Hidayat di akun adihidayatofficial, beliau menjelaskan tentang solusi bagi makmum yang ketinggalan bacaan Al Fatihah karena imam terlalu cepat.

Sudah menjadi tradisi selama Ramadan setiap masjid atau musholla mengadakan salat tarawih berjamaah. Tidak jarang salat tarawih yang dikerjakan dengan begitu cepat, sehingga makmum sering ketinggalan bacaan salatnya.

Menanggapi hal tersebut, Ustaz Adi Hidayat menerangkan solusinya jika ada makmum yang ketinggalan bacaan Al Fatihah karena imam yang terlalu cepat.

BACA JUGA:Sambut Ramadan dengan Doa Khusus dari Rasulullah, Ustaz Adi Hidayat Bagikan Bacaan Doa beserta Manfaatnya

BACA JUGA:Ustaz Adi Hidayat Ijazahkan Satu Amalan yang Bisa Menghilangkan Rasa Gelisah dan Cemas dengan Sekali Baca

Menurut Ustaz Adi Hidayat, salat tarawih itu tidak boleh terlalu cepat dan juga tidak boleh terlalu lambat. Hal tersebut dikarenakan makmum yang ikut berjamaah salat tarawih mempunyai urusannya masing-masing.

"Ada makmum yang sedang dalam perjalanan, ada yang mau berangkat kerja, ada orang tua yang tidak kuat berdiri lama, ada orang yang jika bergerak terlalu cepat merasa sakit, jadi imam harus memahami kondisi itu," jelas Ustaz Adi Hidayat.

Ustaz Adi Hidayat menerangkan tentang tugas imam sebelum mulai salat tarawih harus mengecek kondisi makmum yang ikut dalam salat jamaah, sehingga imam bisa memutuskan untuk durasi salatnya.

"Jangan sampai orang mau salat tarawih bukannya khusyu' malah hatinya dongkol karena imamnya terlalu cepat dan ketinggalan bacaan salatnya," terang Ustaz Adi Hidayat.

Lalu, apa yang harus dilakukan jika ketinggalan membaca Al Fatihah?

Menurut Ustaz Adi Hidayat jika ketinggalan membaca Al Fatihah karena imam salatnya terlalu cepat, maka makmum cukup membaca surat Al Fatihah sebanyak 3 ayat awal.

BACA JUGA:Ustaz Adi Hidayat Bagikan 5 Resep Hidup Rukun dengan Tetangga, Meskipun Beda Agama dan Keyakinan

BACA JUGA:Ustaz Adi Hidayat Jelaskan Cara Menghilangkan Sekat Penghalang Doa dengan Satu Amalan Mudah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: