Hukum Orang yang Berpuasa tapi Tidak Pernah Sholat: Menurut Pandangan Buya Yahya

Hukum Orang yang Berpuasa tapi Tidak Pernah Sholat: Menurut Pandangan Buya Yahya

Ini dia tanggapan Buya Yahya mengenai orang yang puasa tapi tidak pernah sholat-Youtube Al-Bahjah TV-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Sering kali kita temui adanya orang yang berpuasa tapi tidak pernah sholat, lalu bagaimana hukumnya. Simak penjelasan Buya Yahya berikut ini.

Puasa di bulan Ramadhan menjadi suatu kewajiban bagi umat islam, baik laki-laki maupun perempuan yang sudah baligh, sehat dan mampu.

Baik orang kaya maupun miskin, orang yang tidak bekerja atau bekerja, orang baik atau tidak, maka dia diwajibkan untuk berpuasa sebulan penuh pada saat Ramadhan m

Semua melakukan puasa bukan sebagai entitas kewajiban mereka sebagai seorang muslim saja, namun sudah suatu kebiasaan bagi mereka melakukannya. 

BACA JUGA :Masih Bingung Penentuan Jumlah Rakaat Tarawih 11 atau 20 Rakaat? Ini Dia Penjelasan Buya Yahya

BACA JUGA :5 Tips Sehat Selama Puasa di Bulan Ramadhan yang Bikin Badan Tetap Bugar, dan Berat Badan Berkurang!

Pada kajian Buya Yahya seperti ditayangkan di  akun Youtube Al-Bahjah TV,  beliau mendapatkan pertanyaan dari salah satu jamaah.

"Bagaimana hukumnya orang yang puasa tetapi mereka tidak sholat subuh, dhuhur, ashar, hanya melaksanakan sholat maghrib dan isya saja," tanyanya.

Menanggapi hal itu, Buya beranggapan menarik ada orang yang puasa tapi tidak pernah sholat. “Alhamdulillah, jika ada orang yang meninggalkan sholat tapi dia masih mau berpuasa,” ujar Buya Yahya. Kenapa menarik? Ya pasti karena menurut orang awam pastilah aneh, bukannya tidak baik jika meninggalkan sholat?

Buya Yahya menjelaskan lagi bahwa yang parah itu orang yang tidak mau sholat ditambah tidak mau berpuasa. Memang betul lebih baik melakukan kebaikan walaupun hanya sekecil apapun. 

BACA JUGA :Buya Yahya Carakan Niat Puasa Ramadhan: Panduan Praktik Untuk Berpuasa

BACA JUGA :Puasa Tetap Adem dengan AC Baru, Ini Dia 5 Rekomendasi AC 1 Jutaan Terbaik di Ramadhan 2024

Namun, apakah tidak berdosa tidak melakukan sholat fardhu? “Sudah jelas jika ada orang yang meninggalkan sholat fardhu atau wajib pastilah berdoa besar," tegas Buya.

Walaupun tidak ada satupun manusia yang sempurna dalam beribadah selain Nabi Muhammad, semua orang pasti pernah melakukanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://youtu.be/g8hhyzvdib0?si=dt-wpoi2k6-w9gfv