Awas! Puasa Tapi Suka Ghibah Bisa Tak Dapat Pahala, Begini Cara Mengatasinya

Awas! Puasa Tapi Suka Ghibah Bisa Tak Dapat Pahala, Begini Cara Mengatasinya

Ini dia penjelasan Mamah Dedeh mengenai orang yang puasa ghibah tak kunjung dapat pahala-Youtube relegiOne-

RADARPEKALOANGAN.DISWAY.ID - Bagi kamu yang memiliki kebiasaan buruk, sedang  puasa tapi suka ghibah bisa tak dapat pahala, namun malah bisa dapat dosa. Bagaimana cara mengatasinya?

Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, sehingga banyak orang-orang mengejar kesempurnaan ibadah dalam hidup. Mereka melakukan segala cara untuk mendapatkan pahala yang melimpah dan selalu dalam lindungan Allah. 

Bayangkan saja jika pahala yang kamu punya,  dan kamu dapat dengan cara kebaikan, seperti memberikan makan kepada orang yang sedang kesusahan. Menolong orang yang sedang dalam bahaya, atau bahkan memasak makanan untuk orang puasa pun mendapatkan pahala. 

Kabar gembira untuk ibu-ibu yang selalu memasakan keluarga, kerabatnya yang sedang berpuasa untuk dimakan disaat berbuka atau saat sahur. 

BACA JUGA :3 Fase Cara Didik Anak yang Harus Orang Tua tahu Menurut Mamah Dedeh

BACA JUGA :5 Tips Sehat Selama Puasa di Bulan Ramadhan yang Bikin Badan Tetap Bugar, dan Berat Badan Berkurang!

Pastilah banyak pahala yang didapatkan, apalagi ditambah dengan pahala mengikuti pengajian, berlipatnya pahala para ibu-ibu. 

Namun, apa jadinya jika pahala yang didapat lenyap dengan tingkahlaku dan kebiasaan buruk ibu-ibu yang suka menggosip tentang apa saja dan dimana saja? 

Hal ini sama seperti pembahasan yang disampaikan pada ceramah Mamah Dedeh dalam kanal Youtube religiOne. Beliau mendapatkanya pertanyaan yang spesial dari salah satu jamaah kajianya. 

“Apakah kita saat puasa ngomongin orang dimanapun apakah mengurangi pahala puasa," tanya satu jamaah kajian.

Mendapat pertanyaan seperti itu, Mamah Dedeh menjawab bahwa hal itu bukan mengurangi pahala puasa lagi, tapi pahala puasanya habis semua.

Lalu Mamah Dedeh memberikan saran kepada semua orang agar jangan pernah ngomongin orang. "Siapa sih yang tidak punya aib, siapa yang ga punya salah?”.  Benar kata mamah dedeh bahwa semua orang tidak ada yang sempurna, pastilah mempunyai salah. 

BACA JUGA :Strategi Tegas dan Mendidik, Atasi Kecanduan HP Pada Anak : Mamah Dedeh

BACA JUGA :Inilah Dzikir Rezeki Bulan Ramadhan dari Mbah Moen atau K.H. Maimoen Zubair, Ingin Tahu Dzikirnya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://youtu.be/ymtzhkq4uzo?si=ko5rvg56elphlygu