Cobain 5 Tips Efektif Melatih Anak Puasa Berikut Ini Yuk Moms, Biar Anak Lebih Kuat dan Semangat Puasnya

Cobain 5 Tips Efektif Melatih Anak Puasa Berikut Ini Yuk Moms, Biar Anak Lebih Kuat dan Semangat Puasnya

Tips efektif melatih anak puasa.-Freepik.com-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Sebagai orang tua tentu kita akan merasa bangga ketika anak sudah lancar dengan latihan puasanya. Nah agar hal itu terwujud, ada beberapa tips efektif melatih anak puasa yang bisa orang tua terapkan.

Ada banyak manfaat melatih anak berpuasa sejak dini. Dari mulai mendekaatkan anak dengan Allah SWT, melatih kesabaran anak, hingga bermanfaat untuk menjaga kesehatan anak juga.

Namun dalam usaha mengajarkan puasa kepada anak, tentu perlu memperhatikan kondisi fisik dan mental anak.

Bagi anak-anak yang baru mulai puasa, jika langsung melakukan puasa full 1 bulan penuh tentu akan terasa berat dan melelahkan.

Nah itu sebabnya anak perlu dikenalkan secara bertahap sesuai usianya. Berikut ini beberapa tips efektif melatih anak puasa yang bisa orang tua terapkan agar anak bisa mulai iku melakukan ibadah puasa.

BACA JUGA:Ternyata Ada Banyak Manfaat Melatih Anak Puasa Sejak Dini Lho Moms! Berikut Cara Aman Mengajarkannya

BACA JUGA:Rekomendasi 5 Aktifitas Seru di Bulan Ramadhan bareng Anak, Bikin Anak Lebih Kuat dan Semangat Berpuasa

Tips Efektif Melatih Anak Puasa

Melatih anak puasa memang butuh kesabaran dan secara bertahap sejak anak balita. Misal di usia balita anak mulai dikenalkan dan dijelaskan tentang ibadah puasa, ajak anak ikut sahur dan berbuka.

Kemudian masuk usia sekolah, anak bisa diarahkan untuk ikut menjalankan puasa menahan diri dari rasa lapar dan haus. Jika masih belum terbiasa bisa dengan puasa sampai duhur, kemudian makan siang sejenak, dan dilanjutkan lagi puasa sampai maghrib.

Nag untuk menunjunga kelancaran anak dalam latihan berpuasa, berikut beberapa tip melatih anak puasa yang bisa orang tua lakukan.

1. Membuat Jadwal dan Porsi Makan Anak

Masa kanak-kanak adalah masa emas pada tumbuh kembang anak. Dan nutrisi dari asupan makanan dan minuman adalah faktor penting yang mempengaruhinya.

Maka meski sedang dalam tahap latihan berpuasa, jangan sampai anak kekurangan nutrisi hariannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: