Cobain 5 Tips Efektif Melatih Anak Puasa Berikut Ini Yuk Moms, Biar Anak Lebih Kuat dan Semangat Puasnya

Cobain 5 Tips Efektif Melatih Anak Puasa Berikut Ini Yuk Moms, Biar Anak Lebih Kuat dan Semangat Puasnya

Tips efektif melatih anak puasa.-Freepik.com-

3. Beri Anak Suplemen Alami

Untuk menunjang daya tahan tubuh dan sebagai tambahan energi, moms juga bisa memberikan suplemen alami seperti madu, atau vitamin tambahan kepada anak.

Khasiat air madu sendiri sangatlah banyak, dan dianjurkan sebagai asupan yang pertama kali masuk saat sahur. Selain di minum langsung, madu juga dapat ditambahkan diberbagai jenis makanan sehigga praktis di konsumsi.

BACA JUGA:Puasa Lancar Bareng Anak, Ini Tips Bunda Elly Risman untuk Mempersiapkan Anak Usia 6-8 Tahun untuk Berpuasa

BACA JUGA:Nasihat Buya Syakur: Cara Agar Anak Betah Di Rumah, Inilah 3 Rahasia yang Wajib Dilakukan Orang Tua Pada Anak

4. Tidur yang Cukup

Saat berpuasa, jam bangun tentu harus lebih awal karena sahur. Maka atur ulang kembali jam tidur anak agar kebutuhan tidurnya tetap terpenuhi. Rata-rata jam tidur yang dibutuhkan anak usia SD dalam sehari adalah sekitar 10-12 jam.

5. Terus Beri Apresiasi dan Semangat Kepada Anak

Bagi anak-anak, ibadah puasa bukanlah hal yang mudah. Apalagi ketika baru mulai latihan berpuasa. Maka support dari orang tua sangatlah penting.

Saat anak mengeluh di siang hari, beri semangat seperti, "Wah sudah setengah hari berlalu, dan adek kuat. InsyaAlloh setengah hari lagi kuat ya dek." Orang tua juga perlu kreatif memberi kegiatan kepada anak agar tidak bosan dan fokus pada rasa laparnya.

Jangan lupa juga untuk senantiasa memberikan apresiasi kepada anak ketika berhasil melalui target puasa yang dibuat bersama dengan orang tua.

Tanpa menjanjikan di awal, atas usaha yang sudah anak lalui untuk berpuasa orang tua bisa memberi hadiah di hari lebaran misalnya. Sehingga anak tahu bahwa usahanya dihargai, dan memiliki pegangan bahwa apa pun kebaikan yang kita perbuat pasti akan menuai hasil yang baik.

Nah itu tadi beberapa tips efektif dalam usaha melatih anak berpuasa.

Penting juga untuk selalu memastikan kondisi kesehatan anak, dan jangan memaksakan kemampuan anak dalam latihan puasa ini. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: