Jangan Lewatkan! Ini 5 Tips Sahur yang Aman dan Menyehatkan untuk Ibu Hamil yang Berpuasa

Jangan Lewatkan! Ini 5 Tips Sahur yang Aman dan Menyehatkan untuk Ibu Hamil yang Berpuasa

Tips sahur yang aman dan menyehatkan untuk ibu hamil.-valeria_aksakova/freepik-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Waktu sahur adalah waktu penting di bulan Ramadhan agar bisa puasa lebih maksimal, apalagi untuk para ibu hamil yang butuh nutrisi ekstra. Untuk menunjang kondisi ibu hamil agar tetap prima saat berpuasa, ada  tips sahur yang aman dan menyehatkan untuk ibu hamil yang bisa diikuti.

Perempuan dengan kondisi hamil dan menyusui diberi keringanan untuk tidak berpuasa dengan beberapa ketentuan yang diatur dalam Islam.

Namun jika setelah melewati pemeriksaan yang memadai, kemudian juga tidak ada larangan dari dokter, dengan kata lain sehat secara jasmani dan rohani, maka ibu hamil pun bisa tetap menjalankan ibadah puasa. 

Meski demikian, ibu hamil tetap perlu memperhatikan dengan ketat pemenuhan nutrisi yang masuk, terutama ketika makan sahur. Karena perlu diingat bahwa selama hamil, seorang ibu tidak hanya makan untuk dirinya sendiri, tapi juga untuk janinnya.

BACA JUGA:Agar Ibadah Para Bumil di Bulan Ramadhan tetap Lancar, Ini Dia 7 Tips Aman Berpuasa untuk Ibu Hamil

BACA JUGA:Buat Para Bumil, Jangan Lewatkan Berikut 5 Tips Berbuka Puasa yang Sehat untuk Ibu Hamil dan Janin

Nah agar puasa lebih aman dan menyehatkan bagi ibu hamil dan janin, berikut beberapa tips saat sahur yang bisa dilakukan.

Tips Sahur yang Aman dan Menyehatkan untuk Ibu Hamil

Ketika masuk waktu sahur, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil agar puasa lancar dan aman.

1. Menghidrasi Tubuh

Yang paling penting dilakukan ketika sahur adalah memastikan kita sudah minum air yang cukup agar tubuh terhidrasi dengan baik. Ibu hamil perlu betul-betul mengonsumsi air mineral sesuai dengan kebutuhan hariannya sekaligus kebutuhan janin.

Karena ketika konsumsi air ibu hamil kurang, maka akan berpengaruh juga pada volume air ketubannya. Untuk mengetahui berapa kebutuhan air harian saat hamil bisa dikonsultasikan dengan dokter yang menangani selama masa kehamilan.

Memenuhi kebutuhan air ini juga tentu tidak sekaligus bisa diabgi menjadi beberapa waktu dari mulai berbuka hingga sahur.

Untuk membantu memenuhi kebutuhan air, ibu hamil juga dapat mengonsumsi buah tinggi kandungan air, dan juga susu hamil. Selain memenuhi kebutuhan air harian, keduanya juga akan penuhi nutrisi harian selama hamil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: