Dukung Zona Kuliner Halal Aman dan Sehat, Bank Indonesia Tegal Fasilitasi 100 UMKM Dapatkan Sertifikasi Halal

Dukung Zona Kuliner Halal Aman dan Sehat, Bank Indonesia Tegal Fasilitasi 100 UMKM Dapatkan Sertifikasi Halal

Dukung Zona Kuliner Halal Aman dan Sehat, Bank Indonesia Tegal Fasilitasi 100 UMKM Dapatkan Sertifikasi Halal-IST-IST

SLAWI, RADARPEKALONGAN - Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Tegalf fasilitasi UMKM di wilayah eks karesidenan Pekalongan dapatkan sertifikasi halal. Kegiatan bertajuk Pelatihan Sistem Jaminan Produk Halal ini iikuti oleh 100 pelaku UMKM yang berbahan baku daging sapi dan ayam untuk mendapat sertifikat halal yang digelar di Hotel Grand Dian SLAWI, Selasa 25 Maret 2024. 

Kepala BI Kantor Perwakilan Tegal Mawardi menyebut, kegiatan ini menjadi bagian dari implementasi Zona Khas (Kuliner, Halal, Aman dan Sehat), dimana pada tanggal 2 Desember 2023 lalu telah dilaksanakan Kick Off zona digital dan Zona Khas  di waduk wisata cacaban Tegal. Ke depan akan dilaksanakan kick off dan lauching Zona Khas di Rest Area Km.282 Lebeteng Tegal, Kantin SMAN 1 SLawi Tegal, harapan kami semoga kedepan semakin banyak tempat wisata/tempat kuliner yang dikembangkan menjadi Zona Khas.

BACA JUGA:H-2 Minggu Lebaran, BI Tegal Gerilya ke Pemkab Batang Siapkan Rp2 Miliar Uang Baru

"Kegiatan pelatihan sertfikasi halal ini diharapkan mampu memberikan manfaat bagi pelaku usaha maupun masyarakat luas. Zona KHAS dapat menjadi sarana edukasi dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terutama Muslim agar mampu memproduksi dan mengonsumsi pangan yang halal,aman, dan sehat," jelasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, Zona KHAS adalah sebuah kawasan kuliner dengan minimal 10 (sepuluh) tenant (kedai) yang erat kaitannya dengan konsumsi makanan sehari-hari serta didukung dengan sarana dan prasarana yang mendukung pelayanan prima bagi konsumen. 

Dimana dalam zona ini, terdapat tempat ibadah (musala) dan perlengkapan ibadah atau dekat dengan masjid (maksimum berjarak 500 meter). Selain itu tersedia toilet yang bersih dan terpisah antara pria dan wanita, tempat mencuci tangan, dan area khusus untuk merokok.

BACA JUGA:Tumbuh 12,5 Persen, Pengguna QRIS di Batang Tembus 93.975 Merchant

Lewat hadirnya Zona Khas ini Bank Indonesia Tegal berharap UMKM juga bisa memanfaatkan potensi wisata halal. Dimana nantinya UMKM bisa berperan sebagai suplier makanan yang halal untuk wisatawan. 

"Lewat kegiatan ini kami berharap adanya komitmen dari UMKM lokal untuk bisa menyediakan produk yang halal, aman, dan sehat. Hal ini menjadi bentuk kepedulian dari pelaku usaha, untuk memberikan yang terbaik bagi konsumen. Sehingga konsumen mengonsumsi produk yang bersertifikat halal, aman, dan sehat dapat memberikan rasa aman dan menenangkan," pungkasnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar pekalongan