Bagaimana Cara Menghemat Konsumsi Bahan Bakar Minyak Saat Mudik Lebaran? Simak Inilah Ulasannya!

Bagaimana Cara Menghemat Konsumsi Bahan Bakar Minyak Saat Mudik Lebaran? Simak Inilah Ulasannya!

Bagaimana Cara Menghemat Konsumsi Bahan Bakar Minyak Saat Mudik Lebaran? Simak Inilah Ulasannya!-Instagram/warna-warniban-

BACA JUGA:3 Bahan Alami yang Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat Merah di Pipi, Sekali Pakai Wajah Mulus Glowing Anti Noda

Namun, apabila terlalu rendah butuh injakan pedal gas yang lebih agar kecepatan bertambah.

6. Kecepatan Stabil

Cara menghemat konsumsi bahan bakar minyak saat mudik lebaran keenam adalah kecepatan stabil. Ketika berada di jalan tol, usahakan untuk berkendara dengan kecepatan yang stabil, misalnya 60-70 km/jam. 

Kecepatan ini termasuk ideal untuk mendapatkan efisiensi BBM mobil.

7. Hindari Penggunaan AC Terus-Menerus

Cara menghemat konsumsi bahan bakar minyak saat mudik lebaran ketujuh adalah hindari penggunaan AC dalam waktu yang lama dan terus-menerus. Hal ini akan  menyebabkan konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi, karena kompresor AC membutuhkan tenaga dari mesin untuk beroperasi.

BACA JUGA:3 Rekomendasi Mobil Bekas Nissan Murah dan Terbaik Mulai Dari 100 Juta, Siap Bersaing Dengan Honda dan Toyota

BACA JUGA:Wow! Skutik Baru Konsep Touring Honda Vario 125 Street 2024, Hadirkan Pengalaman Berkendara Tak Tertandingi

Cobalah untuk mengurangi penggunaan AC dengan menyesuaikan suhu kabin secara manual, atau gunakan sistem sirkulasi udara alami dengan membuka jendela apabila kondisi cuaca memungkinkan. Apabila kamu harus menggunakan AC, pastikan untuk menjaga suhu kabin pada tingkat yang nyaman dan tidak terlalu dingin.

8. Matikan Mesin Mobil Ketika Berhenti

Cara menghemat konsumsi bahan bakar minyak saat mudik lebaran trakhir adalah matikan mesin mobil ketika berhenti.  Ketika berhenti dalam waktu yang cukup lama, misalnya menunggu lampu lalu lintas, istirahat di rest area, atau mengantri di pom bensin, kamu dapat mematikan mesin mobil untuk menghemat bahan bakar.

Menghidupkan mesin kembali ketika akan melanjutkan perjalanan bisa lebih menghemat bahan bakar daripada membiarkan mesin menyala dalam kondisi diam. Selain itu, mematikan mesin ketika berhenti juga akan mengurangi emisi gas buang yang mencemari lingkungan.

Kesimpulan

Dengan menerapkan 8 cara tersebut, konsumsi BBM mobil bisa dihemat dan pengeluaran yang dibutuhkan untuk membeli BBM bisa ditekan. Selain itu, dengan berkendara yang aman dan hemat, kamu  juga dapat tiba di kampung halaman dengan selamat dan nyaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: