Puncak Arus Mudik di Terminal Mangkang Diperkirakan 6-7 April, Petugas dan Fasilitas Sudah Siap

Puncak Arus Mudik di Terminal Mangkang Diperkirakan 6-7 April, Petugas dan Fasilitas Sudah Siap

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sumarno saat meninjau kesiapan pelayanan mudik di Terminal Mangkang Kota Semarang, Jumat, 5 April 2024.-istimewa -

SEMARANG - Puncak arus mudik di Terminal Mangkang diperkirakan terjadi pada Sabtu-Minggu (6-7 April 2024). 

Karenanya, semua petugas gabungan yang bertugas memberikan pelayanan kepada pemudik diminta menjaga kesehatan. 

Hal itu ungkapkan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno saat meninjau kesiapan pelayanan mudik di Terminal Mangkang Kota  Semarang, Jumat, 5 April 2024.

"Terminal Mangkang sudah cukup siap, dari sisi sarana prasarana, teman-teman dari Dinas Kesehatan, TNI, dan Polri sudah siap di sini. Semua kebutuhan dasar kaitannya dengan kedaruratan juga tersedia," ujarnya di sela tinjauan.

Pada kesempatan itu, Sumarno mengecek kesiapan pos pelayanan keamanan, posko kesehatan, dan menyerahkan bantuan paket sembako kepada seluruh karyawan terminal tersebut.

Kepala Terminal Mangkang, Reno Adi Pribadi menjelaskan, selain menyediakan posko pelayanan kesehatan dan keamanan mudik, pihaknya juga melakukan pemeriksaan kesehatan untuk para pengemudi angkutan umum. 

"Pemeriksaan kesehatan dan cek urine untuk sopir dan awak bus dilakukan pada Selasa (2 April 2024). Selain itu juga melakukan ramp check gabungan bersama Dishub Kota Semarang, Satlantas Polrestabes Kota Semarang, dan Jasa Raharja pada Senin (1 April 2024)," katanya.

Reno memperkirakan, kedatangan dan keberangkatan penumpang dari Terminal Mangkang pada masa mudik dan balik Lebaran 2024 akan mengalami peningkatan di banding tahun-tahun sebelumnya. 

"Kedatangan penumpang diperkirakan mencapai 10.727 orang atau naik 12 persen dibanding masa mudik 2023 sebanyak 9.578. Sedangkan keberangkatan mencapai 10.851 orang," katanya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: