Sampah di Kabupaten Batang Naik 300 Persen Selama Idul Fitri

Sampah di Kabupaten Batang Naik 300 Persen Selama Idul Fitri

Sampah di Kabupaten Batang Naik 300 Persen Selama Idul Fitri-IST-IST

BATANG, RADAR PEKALONGAN.DISWAY.ID - Kepala DLH Batang Handy Hakim,  menyebut volume sampah saat Idul Fitri meningkat hingga 300 persen. Hal ini membuat pihaknya tetap berusaha membersihkan sampah, bahkan di malam sebelum Idul Fitri. 

“Kami terus berusaha keras, anggota kami di lapangan masih aktif. Untuk sampan idul Fitri sendiri meningkat sekitar 300 persen dari biasanya, ” katanya saat dikonfirmasi melalui gawai, Sabtu 13 April 2024. 

Dikatakannya, keterbatasan armada menjadi kendala utama pihak DLH. Selain itu alokasi bahan bakar per harinya dibatasi sampai 15 Liter saja.

Ia juga mengungkapkan, keterbatasan yang menghambat langkah dalam mengatasi sampah di objek wisata, DLH Batang tidak berdiri sendiri. 

Mereka telah menggandeng pengelola wisata dan Dinas Pariwisata setempat dalam sebuah sinergi yang harmonis. Meski tanggung jawab utama ada di tangan Dinas Pariwisata, DLH Batang tidak tinggal diam. Serta memberikan arahan dan dukungan, termasuk kepada Desa Depok yang memiliki dua armada untuk penanganan sampah.

Ia juga menyoroti perilaku beberapa perusahaan dan pelaku usaha yang kurang bertanggungjawab. 

“Tempat Pembuangan Sementara (TPS) hanya diperuntukkan untuk sampah rumah tangga. Selain itu, sampah industri dibuang langsung ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

DLH Batang, dengan semangat yang tak pernah padam, memastikan komitmennya dalam menjaga kebersihan lingkungan. 

“Meskipun dihadapkan pada berbagai kendala, kami tetap berupaya maksimal,” tandasnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar pekalongan