Melihat Arca di Situs Jolotigo Talun, Kabupaten Pekalongan, Jejak Agama Hindu di Kampung Moderasi Beragama

Melihat Arca di Situs Jolotigo Talun, Kabupaten Pekalongan, Jejak Agama Hindu di Kampung Moderasi Beragama

Peninggalan arkeologi di Kecamatan Talun-Aghistna Muhammad-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Pada artikel kali ini, penulis akan mengajak untuk melihat peninggalan arkeologi berupa arca di situs Jolotigo Talun, Kabupaten Pekalongan.

Pada sekitar tahun 2023, Desa Jolotigo di Kecamatan Talun mendapat predikat sebagai "Kampung Moderasi Beragama" oleh Kementrian Agama.

Predikat ini didapat karena melihat keharmonisan warga Desa Jolotigo yang memiliki 2 agama berbeda, yakni Islam dan Kristen Protestan.

Tercatat ada 6 rumah ibadah di Desa Jolotigo, yaitu 4 masjid dan 2 gereja, bahkan ada masid dan gereja yang letaknya saling berdekatan.

BACA JUGA:Jejak Peradaban Hindu-Buddha di Rogoselo, Berikut 2 Arca Unik yang Ditemukan di Desa Rogoselo, Kecamatan Doro

Selain 2 agama yang saat ini hidup rukun di Desa Jolotigo, ternyata pernah ditemukan jejak peradaban agama Hindu di desa ini.

Mari kita melihat peninggalan arca di situs Jolotigo Talun, Kabupaten Pekalongan yang menakjubkan.

Beberapa Arca yang Ditemukan

Catatan tentang peninggalan arca di situs Jolotigo Talun ini dilansir dari buku "Peradaban Hindu-Buddha Pekalongan" yang disusun oleh tim Pusat Penelitian Arkeologi Nasional.

Peninggalan arca yang ditemukan dan masih berada di Desa Jolotigo berjumlah 4 buah, yakni 3 arca ganesha dan 1 arca yang menggambarkan 3 tokoh dengan posisi berdiri sejajar.

BACA JUGA:Dukuh Reco: Dukuh Tua di Kabupaten Batang yang Menjadi Tempat Pembuatan Arca Candi Dieng

BACA JUGA:Menjelajahi Desa Tua di Kabupaten Pekalongan, Inilah 4 Situs Arkeologi di Desa Lemah Abang, Kecamatan Doro

Seluruh arca tersebut kini disimpan di rumah Bapak Jatmiko, salah satu warga Dukuh Jolotigo, Desa Jolotigo, Kecamatan Talun.

Arca ganesha pertama memiliki tinggi 45 cm dan lebar 25 cm, ganesha tersebut dalam posisi duduk utkutikasana atau seperti bersila dengan kedua telapak kaki bertemu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: