Koleksi Terbaru! 4 Arca Hadir di Museum Batik Pekalongan, Siap Sambut Pengunjung Libur Akhir Pekan Ini

Koleksi Terbaru! 4 Arca Hadir di Museum Batik Pekalongan, Siap Sambut Pengunjung Libur Akhir Pekan Ini

Museum Batik Pekalongan kini menyimpan benda bersejarah yang ditemukan di Kota Pekalongan berupa 4 arca. -FOTO-Dwi Fusti Hana Pertiwi

RADARPRKALONGAN.DISWAY.ID- Koleksi Artefak baru kini hadir di Museum Batik Pekalongan. Kehadirannya siap sambut libur long weekend akhir pekan ini.

Dalam upaya mengoptimalkan peran sebagai wadah atau tempat untuk melestarikan warisan budaya peninggalan nenek moyang. Museum Batik Pekalongan kini menyimpan benda bersejarah yang ditemukan di Kota Pekalongan berupa 4 arca

BACA JUGA:Kecamatan Kedungwuni Bersholawat, Ini Pesan Bhabinkamtibmas Polsek Kedungwuni Hadapi Pilkada 2024

Kepala Museum Batik Pekalongan, Nurhayati Sinaga mengatakan bahwa pihaknya menerima 4 artefak berupa arca dari tim cagar budaya Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Dinparbudpora) Kota Pekalongan belum lama ini.

BACA JUGA:Pasangan Bejo-Sodik Resmi Mendaftar Sebagai Balon Bupati dan Wakil Bupati Batang ke PKB untuk Pilkada Serentak

"Kami memiliki empat Arca yang kami susun di dekat Selasar museum. Diantaranya ada 

arca Durga Mahisasuramardini, patung arca Ganesha, fragmen tubuh arca Ganesha dan fragmen perwujudan arca Wisnu," jelas dia.

BACA JUGA:Kaum Perempuan Merapat! Inilah 5 Helm Murah untuk Perempuan yang Nyaman, Bisa Naikin Kecantikanmu!

Ia menjelaskan asal keempat arca tersebut ditemukan di gedung bersejarah di Kota Pekalongan, 3 arca di antaranya ditemukan di bangunan Kantor Satwasker, jalan Pemuda No, 50 Pekalongan dan gedung Bakorwil/ rumah eks Karesidenan Pekalongan. 

BACA JUGA:Keseruan Belajar Bersama di Museum Batik Pekalongan, Peringati Hari Museum Internasional 2024

Dengan penempatan empat Arca tersebut   disusun rapi di sudut selasar Museum Batik Pekalongan yang nantinya akan menjadi  storyline edukasi sehingga pengunjung bisa melihat benda bersejarah saat keluar dari ruang pamer Museum.

BACA JUGA:Tradisi Pemantapan dan Pembaretan, Kapolres Pekalongan Lepas 25 Bintara Polri Lulusan TA 2023/2024

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa meskipun bukan termasuk warisan batik tetapi Arca merupakan benda sejarah sehingga Museum wajib melestarikan dan mensosialisasikan barang bersejarah yang ada di Kota Pekalongan.

BACA JUGA:Pesona Wisata Lolong Adventure di Pekalongan dan Cerita Rakyat tentang Jembatan Lolong

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: