Pemudik Motor Wajib Tau! Inilah 5 Bagian Motor yang Wajib Diperiksa Setelah Digunakan Mudik Lebaran

Pemudik Motor Wajib Tau! Inilah 5 Bagian Motor yang Wajib Diperiksa Setelah Digunakan Mudik Lebaran

Bagian Motor yang Wajib Diperiksa Setelah Digunakan Mudik Lebaran-youtube.com- IqbalAriyadi65

2. Oli Motor

Tak hanya ban motor saja yang harus diganti setelah mudik lebaran 2024 ini. Bahkan kamu perlu mengganti oli jika sebelum mudik kamu belum sempat untuk mengganti oli.

Biasanya pergantian oli ini dilakukan setiap 3 bulan sekali atau setelah melakuakn perjalanan sejauh 3000 km. Namun jika setelah mudik dirasa tarikan motor tidak bagus maka bisa menggantinya. 

Bagi kamu pengguna motor matic bisa mengganti oli transmisi sekaligus dengan oli mesin jika dibutuhkan. Namun lebih baik kamu cek terlebih dahulu bagaimana kndisi motormu, apakah perlu ganti oli atau tidak. 

BACA JUGA:Terbaik 2024! Inilah Rekomendasi Motor Listrik yang Bisa Menempuh Jarak Hingga 130 Km, Cocok untuk Driver Ojol

BACA JUGA:Sudah Terbukti! Simak, 5 Rekomendasi Cairan Penghitam Body Motor Permanen Yang Terbaik dan Berkualitas

3. Rantai Motor

Karena digunakan dalam perjalanan jauh tanpa jeda akan menyebabkan rantai motor bekerja dengan sangat maksimal. Oleh sebab itu, kamu perlu memeriksanya, apakah rantai motor dalam kondisi baik atau tidak. 

Pastikan komponen rantai bersih dari kotoran dan tidak mengalami keausan. Adapun indikasi komponen rantai yang kotor atau mengalami keausan adalah kesulitan mencapai kecepatan maksimal saat berkendara.

4. Filter Udara

Tak hanya ketiga komponen diatas saja, sebab filter udara pada motor juga perlu diperiksa dengan baik setalah melakukan perjalanan jauh hingga lintas provinsi. 

Pastikan penyaring udara motor bersih. Jika penyaring udara kotor maka bisa menghambat aliran udara ke ruang bakar. Hal ini tentu merugikan sebab proses pembakaran pada mesin tidak akan terjadi dengan baik dan maksimal. 

Salah satu ciri mengatahui apakah penyaring udara sudah kotor atau tidak yakni dengan melihat knalpot apakah mengeluarkan asap hitam ataupun tidak. Tak hanya itu, tanda lain yakni tarikan pada motor terasa lebih berat daripada sebelumnya.

Jika ciri-ciri itu sudah terjadi pada motormu, maka sudah dipastikan bahwa pernyaring udara motormu sudah kotor, sehingga perlu memperbaiki agar bisa berfungsi dengan baik. 

5. Kampas Rem

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: