Dinas P3A Dan PPKB Kabupaten Pekalongan Adakan Diklat Calon KS/PS

Dinas P3A Dan PPKB Kabupaten Pekalongan Adakan Diklat Calon KS/PS

Dinas Pemberdaya Perempuan dan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Pekalongan (P3A dan PPKB) adakan diklat Konselor Sebaya dan Pendidik Sebaya (KS/PS). -Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Dinas Pemberdaya Perempuan dan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Pekalongan (P3A dan PPKB) adakan diklat Konselor Sebaya dan Pendidik Sebaya (KS/PS). 

Diklat ini diselenggarakan bagi Kader Pusat Informasi Konseling (PIK R) se-Kabupaten Pekalongan. Diklat calon KS/PS ini diselenggarakan di Aula Lantai 3 Sekretariat Bersama TP PKK Kabupaten Pekalongan, Minggu, 21 April 2024.

Ketua Forum Generasi Berencana (Forgenre) Kabupaten Pekalongan A. Maefuri, mengatakan, diklat KS/PS ini untuk calon pengurus KS/PS PIK R. Diklat diikuti oleh remaja di kecamatan dan sekolah yang ada di Kabupaten Pekalongan. 

"Ada 60 peserta yang mengikuti diklat ini. Masing-masing kecamatan dan sekolah yang dipilih mengirimkan pesertanya dua orang," katanya. 

Baca juga:Libur Lebaran 2024, Distribusi Air Bersih PDAM Kabupaten Pekalongan Lancar

Pendidik sebaya diharapkan memiliki keterampilan berkomunikasi yang tujuannya dapat memberikan penyuluhan atau melakukan edukasi kepada remaja. Konselor sebaya, selain memiliki keterampilan komunikasi, juga diharapkan telah memiliki keterampilan konseling.

Maefuri mengatakan, melalui pelatihan ini diharapkan dapat memberikan keterampilan dan memahami prinsip dasar sebagai konselor sebaya dan pendidik sebaya untuk tiap PIK Remaja di masing-masing daerahnya.

"Selanjutnya melalui pelatihan ini diharapkan peserta bisa menjadi konselor yang handal, berkualitas dan mampu memberikan informasi, konseling dan pelayanan tentang permasalahan remaja sekitarnya, sehingga konselor remaja peduli dan peka terhadap permasalahan teman-teman remaja sekitarnya," harap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: