Libur Lebaran 2024, Distribusi Air Bersih PDAM Kabupaten Pekalongan Lancar

Libur Lebaran 2024, Distribusi Air Bersih PDAM Kabupaten Pekalongan Lancar

Direktur PDAM Kabupaten Pekalongan Nur Wachid.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Direktur Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Kajen atau PDAM Kabupaten Pekalongan, Nur Wachid bersyukur karena selama libur Lebaran 2024 distribusi air bersih ke pelanggan cukup lancar. 

Kinerja seperti itu menurutnya berkat kerja keras semua karyawannya yang selalu ingin memberikan pelayanan terbaik kepada semua pelanggan PDAM Kabupaten Pekalongan.

"Alhamdulillah selama liburan tidak ada kendala dalam pendistribusian air bersih ke rumah nasabah kami," ujar Nur Wachid, saat ditemui sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Minggu, 21 April 2024.

Nur Wachid menjelaskan, saat Ramadhan atau sebelum libur Lebaran pihaknya telah menyiapkan beberapa hal agar pelayanan air bersih kepada pelanggan tetap maksimal. Pertama, kata dia, pihaknya menyiapkan sumber daya manusianya. Sebab, saat Lebaran biasanya para karyawan akan libur cukup panjang.

Baca juga:Pantau Kebocoran Jaringan, PDAM Kabupaten Pekalongan Bentuk Tim Kalong

"Makanya kami jadwalkan beberapa karyawan yang harus bekerja atau piket saat libur Lebaran," kata dia.

Dengan demikian, distribusi air bersih ke rumah pelanggan tetap aman meski ada libur Lebaran. Sebab, jika ada kendala di masa liburan itu langsung bisa teratasi oleh SDM yang telah disiapkan. 

Selanjutnya, pihaknya mempersiapkan infrasturktur pendukung, melipui aset-aset yang akan dipakai untuk mendukung sistem tersebut. Seperti sumur, panel, listrik, peralatan, perpipaan, dan alat-alat lainnya. 

"Semuaya dicek dan dipastikan dalam kondisi bagus supaya tak mengganggu pendistribusian air bersih ke rumah pelanggan," ujar dia.

Nur Wachid menjelaskan, apa yang sudah dilakukan ini diharapkan bisa ditingkatkan, khususnya soal pelayanan. Makanya semua karyawannya diminta untuk terus menerus bekerja keras dan mencari informasi apa yang menjadi kendala dalam prndistribusian air bersih. Salah satunya dengan melakukan pemantauan terhadap semua titik-titik yang dianggap rawa kebocoran.

"Selama ini semua sumber air sudah rutin kami lakukan pemantauan, apakah sumbernya masih mncukupi atau tidak," kata dia.

Tim Kalong yang sudah dibentuk oleh PDAM setiap Jumat malam rutin mengawasi beberapa peralatan seperti perpipaan yang ada di sekitar masyarakat. Tim ini sengaja bergerak pada alam hari lantaran pada saat itu, ketika ada pipa yang bocor, akan secepatnya diketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: