Bakal Berangkat Tahun Ini, 708 Calhaj di Batang Dibagi Jadi Tiga Kloter Pemberangkatan

Bakal Berangkat Tahun Ini, 708 Calhaj di Batang Dibagi Jadi Tiga Kloter Pemberangkatan

BIMBINGAN - Ratusan calon jemaah haji di Batang saat mengikuti bimbingan manasik haji-Radar Pekalongan/Novia Rochmawati-Radar Pekalongan

BIMBINGAN - Bimbingan manasik haji Kabupaten Batang di Hotel Dewi Ratih, Selasa 23 April 2024.

BATANG, RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Tahun ini Pemkab Batang akan memberangkatkan 708 calon jemaah haji (calhaj). Dimana nantinya untuk pemberangkatan calhaj akan dibagi menjadi tiga kloter. Yakni Kloter 36,37 dan 38. 

Sebagai langkah persiapan, ratusan calhaj ini mengikuti bimbingan manasik haji yang digelar Kemenag Batang di Hotel Dewi Ratih, Selasa 23 April 2024. 

"Para jemaah itu nantinya akan dibagi dalam 3 kloter. Yaitu kloter 36, 37 dan 38. Sedangkan untuk keberangkatan, Kantor Kemenag Batang dan Pemda Batang masih menunggu kepastian dari Pemerintah Pusat. Lani pun berharap, para jemaah haji bisa menjalankan ibadah haji dengan lancar. Tanpa suatu halangan berarti," ujar Pj Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki yang mengikuti pembukaan kegiatan bimbingan manasik. 

BACA JUGA:Sebanyak 335 Calon Jamaah Haji asal Kota Pekalongan Berangkat Tahun Ini, Termuda Usia 19 Tahun

Lani menyebut hingga saat ini tahapan persiapan berjalan lancar. 

"Alhamdulillah untuk persiapan haji di Batang tahun 2024 ini sudah dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan dan semoga berjalan lancar. Semoga jamaah sehal walafiat semua, selamat bisa menjalankan rangkaian ibadah haji dengan sempurna dan pulang pun dalam keadaan semua. Kita nanti titip doa khusu untuk Kabupaten Batang, masyarakat Batang dijauhkan dari bencana," harap Lani. 

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Batang, Akhmad Farkhan menjelaskan ada 703 jemaah reguler dan 5 Petugas Haji Daerah (PHD). Mayoritas dari mereka adalah perempuan dengan jumlah 391. Saat ini para petugas sudah siap menjalankan tugasnya. Mereka siap mendampingi para calon jemaah haji menunaikan ibadah di Tanah Suci.

BACA JUGA:Kemenag Kabupaten Pekalongan Gelar Bimbingan Manasik Haji Bagi Calon Jamaah Haji Tahun 2024

Sedangkan untuk usia jemaah, jemaah palilng muda berasal dari Desa Donorejo, Kecamatan Limpung. Usianya 18 tahun, bernama Byzan Muhammad El Fatih. Sementara jemaah paling tua bernama Basyir dari Desa Kalisalak, Kecamatan Limpung dan Rakhman. Mereka berusia 88 tahun.

"Kesiapan petugas, 10 hari sudah diklat di Donohudan. Sekarang sudah terintegrasi antara petugas pusat dari Kemenag dengan yang dari Pemda Batang. Mulai hari ini sudah ada sinergitas, kalau kemarin kan ketemunya di Makkah," tandasnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar pekalongan