Labu Kuning Apakah Aman untuk Penderita Asam Lambung, Simak Penjelasannya di Sini

Labu Kuning Apakah Aman untuk Penderita Asam Lambung, Simak Penjelasannya di Sini

Labu kuning bisa mencegah gejala asam lambung.-Hadi Waluyo-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Labu kuning apakah aman untuk penderita asam lambung atau gerd? Mari simak penjelasan singkatnya di sini.

Labu kuning sudah banyak diolah menjadi makanan yang lezat. Sebut saja bisa dibuat kolak, sup, puding, labu panggang dan lainnya.

Selain rendah kalori, labu kuning juga tinggi serat. Selain itu, kandungan nutrisinya beragam, seperti karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, kalium, zat besi, fosfor, dan mangan. 

Dengan kandungan nutrisinya yang beragam tersebut, labu kuning kaya manfaat untuk kesehatan. Diantaranya, mampu meningkatkan daya tahan tubuh, memelihara kesehatan mata, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kualitas tidur, menjaga kesehatan kulit hingga bagus untuk menurunkan berat badan.

Baca juga:Kerap Dijadikan Takjil untuk Berbuka Puasa, Inilah 10 Manfaat Labu Kuning untuk Kesehatan

Selain beragam manfaat tersebut, labu kuning merupakan salah satu buah yang bagus untuk mencegah kambuhnya gejala asam lambung atau gerd. Pasalnya, labu kuning tinggi air dan kaya serat.

Dengan kandungan airnya yang banyak yakni sekitar 92 ml per 100 gram, labu kuning membantu mengencerkan dan menetralkan asam lambung. Untuk itu, labu kuning aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

Labu kuning juga aman bagi penderita asam lambung karena kaya akan serat. Penelitian menunjukkan, gejala asam lambung dapat diatasi dengan asupan serat yang tercukupi, khususnya dengan mengonsumsi buah dan sayur. Asupan serat ini juga dapat mengurangi risiko terjadinya asam lambung naik ke kerongkongan.

Potensi asam lambung naik dan memicu heartburn bisa terjadi jika makan terlalu banyak. Dengan mengonsumsi asam lambung yang kaya serat, maka membuat tubuh kenyang lebih lama. Makanya, keinginan untuk makan berlebihan pun bisa dicegah.

Baca lagi:12 Manfaat Buah Sukun untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui, Ternyata Tak Hanya Membuat Kenyang

Labu kuning kan mengandung vitamin C yang bersifat asam, aman ndak ini untuk penderita gerd? Tenang, labu kuning aman kok untuk penderita gerd. Sebab, kadar asam vitamin C pada labu kuning tidak terlalu tinggi. 

Meski aman untuk penderita asam lambung dan gerd, labu kuning sebaiknya dimasak tanpa lemak atau hanya dengan sedikit minyak. Kamu juga tidak dianjurkan untuk mengonsumsi labu kuning terlalu banyak, karena buah ini bisa mengiritasi lambung dan membuat perut kembung jika dimakan terlalu banyak.

Tak hanya labu kuning lho buah yang aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Masih ada makanan lainnya yang aman kok dikonsumsi penderita gerd. Diantaranya, aneka buah-buahan seperti apel, pir, pisang, melon, atau pepaya; dan aneka sayuran seperti kacang hijau, brokoli, wortel, timun, dan kentang.

Makanan lainnya yang aman bagi penderita asam lambung ialah daging ayam, daging sapi tanpa lemak; aneka ikan dan seafood seperti cumi, kerang, dan rumput laut; aneka kacang-kacangan seperti edamame, kacang kedelai, dan kacang merah; aneka biji-bijian seperti biji rami, kuaci, dan biji labu; oatmeal; dan jahe.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: