12 Manfaat Buah Sukun untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui, Ternyata Tak Hanya Membuat Kenyang

12 Manfaat Buah Sukun untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui, Ternyata Tak Hanya Membuat Kenyang

Buah sukun kaya manfaat untuk kesehatan tubuh.-Hadi Waluyo-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Manfaat buah sukun untuk kesehatan dan kecantikan jarang diketahui oleh sebagian besar orang. Selama ini, buah sukun kerap hanya dijadikan cemilan untuk mengenyangkan perut.

Padahal, buah sukun mengandung banyak nutrisi. Sebut saja ada serat, karbohidrat, vitamin C, antioksidan dan kandungan nutrisi lainnya. Dengan kandungan nutrisinya itu, buah sukun kaya manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, seperti mencegah anemia, menurunkan kadar kolesterol, menyehatkan sistem pencernaan hingga membuat kulit lebih sehat.

Buah sukun pun cukup mudah diperoleh dan harganya terjangkau. Bahkan di pedesaan, pohon sukun banyak ditanam di kebun karena tanaman ini tidak membutuhkan perawatan yang sulit.

Buah sukun bisa diolah menjadi aneka macam cemilan. Buah ini bisa direbus lalu disajikan ketika masih hangat. Dipadu kopi atau teh, sukun rebus hangat begitu memikat. 

Baca juga:8 Manfaat Buah Naga bagi Kesehatan, Bisa Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Buah ini pun nikmat dijadikan keripik sukun. Buah sukun memang bisa diolah dengan cara direbus, dipanggang, atau digoreng. Selain itu, buah ini juga bisa diolah menjadi tepung.

Berikut ini beberapa manfaat buah sukun untuk kesehatan dan kecantikan dilansir dari halodoc:

1. Membuat kenyang

Buah sukun merupakan salah satu sumber karbohidrat dan serat. Maka tak heran, siapapun yang makan buah ini akan merasa kenyang lebih lama.

Dalam 100 gram buah sukun, terdapat 24,5 gram karbohidrat. Artinya, sekitar 10 persen kebutuhan karbohidrat harian tubuh sudah terpenuhi jika mengonsumsi 100 gram buah sukun.

Baca lagi:Ingin Kulit Wajah Kencang dan Awet Muda, Rajinlah Makan Buah Pepaya

2. Menangkal radikal bebas

Sukun mengandung dua jenis antioksidan yakni phenolic dan flavonoid. Antioksidan ini menangkal radikal bebas akibat aktivitas sehari-hari. Peradangan pada tubuh bisa disebabkan oleh paparan radikal bebas.

3. Menurunkan kolesterol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: