Deklarasikan Diri, SEKARNUSA Siap Akomodir Warga Lokal Jadi Pekerja di Perusahaan Batang

Deklarasikan Diri, SEKARNUSA Siap Akomodir Warga Lokal Jadi Pekerja di Perusahaan Batang

Deklarasi Serikat Pekerja Mandiri Nusantara (SEKARNUSA)-IST-IST

DEKLARASI - Deklarasi Serikat Pekerja Mandiri Nusantara (SEKARNUSA) di salah satu cafe di daerah Limpung. 

BATANG, RADAR PEKALONGAN.DISWAY.ID - Bertepatan dengan May Day atau peringatan Hari Buruh, Serikat Pekerja Mandiri Nusantara (SEKARNUSA) mendeklarasikan diri mereka di salah satu cafe di Kecamatan Limpung, Rabu 1 Mei 2024. 

Wakil Sekretaris SEKARNUSA Ryan menyebut, pihaknya merupakan media yang nantinya mengakomodir masyarakat menjadi karyawan KITB.

“Tidak cuma sebagai pelindung, tapi kami berupaya memastikan seluruh warga Batang mencari nafkah di kotanya sendiri,” tegasnya.

BACA JUGA:Gelar Buka Bersama, Grand Batang City Salurkan Bantuan CSR ke Masyarakat Dan UMKM Desa Penyangga KITB

Deklarasi ini juga dihadiri langsung oleh Staf Khusus Kemenaker RI Caswiyono Rusydie Cakrawangsa. Ia menyebut, agar pekerja khususnya dari local Batang untuk bisa berkompetisi demi menunjang Kesejahteraannya. Dampaknya tentu secara langsung adalah produktivitas perusahaan yang terus meningkat.

“Itu tentu seiring sejalan dengan kelayakan upah kaum pekerja yang akan diperoleh,” tegasnya, usai menghadiri deklarasi SEKARNUSA.

Begitu pula dengan hadirnya Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), yang diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan warga lokal. 

“KITB memang bisa menerima pekerja dari mana saja, tapi sebagai warga Batang saya punya tanggung jawab untuk mengutamakan pekerja lokal dulu,” jelasnya.

Hingga saat ini perusahaan yang tergabung dalam KITB, telah menerima 1.500 warga Batang sebagai pekerja tetap. 

BACA JUGA:Mitigasi Musim Penghujan, KITB Percepat Pembangunan Drainase Temporer

“Diantaranya di pabrik sepatu Yih Quan Footwear, Rumah Keramik Indonesia, KCC Glass dan Samator Indo Gas,” terangnya.

Kendati demikian, Kemnaker masih punya pekerjaan rumah, yakni merekrut 3 ribu pekerja yang saat ini dalam proses pelatihan. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar pekalongan