Apakah Mencuci dengan Mesin Cuci Bisa Menghilangkan Najis di Baju? Begini Hukumnya Kata Ning Sheila Hasina

Apakah Mencuci dengan Mesin Cuci Bisa Menghilangkan Najis di Baju? Begini Hukumnya Kata Ning Sheila Hasina

Apakah Mencuci dengan Mesin Cuci Bisa Menghilangkan Najis di Baju? Begini Hukumnya Kata Ning Sheila Hasina-Tangkap layar -Freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Ning Sheila Hasina menjelaskan hukum apakah mencuci dengan mesin cuci bisa menghilangkan najis di baju

Mencuci baju dengan menggunakan mesin cuci memang memudahkan kita dalam membersihkan kotoran, entah itu noda, ataupun najis yang menempel di baju. 

Dengan mensucikan baju dari kotoran ataupun najis, maka baju tersebut bisa digunakan untuk beraktivitas atau beribadah sesuai syari'ah.

Namun, apakah kamu tahu bagaimana cara mensucikan baju dengan benar dan sesuai syari'ah? 

BACA JUGA:Hukum Kredit Sepeda Motor Lewat Bank Syariah, Ustaz Adi Hidayat Jelaskan Cara yang Benar Supaya Tidak Riba

BACA JUGA:Ustaz Adi Hidayat Jelaskan Cara Menghilangkan Sekat Penghalang Doa dengan Satu Amalan Mudah

Apakah Mencuci dengan Mesin Cuci Bisa Menghilangkan Najis di Baju? Begini Hukumnya Kata Ning Sheila Hasina

Ning Sheila Hasina menuturkan bahwa dalam kitab Syarah Yaqutun nafis pernah menjelaskan berkaitan hukum mencuci baju dengan menggunakan mesin cuci apakah bisa menghilangkan najis? 

Pertama perlu kita pertimbangkan hoqmiah (najis yang tak terlihat) dan ainiyahnya najis ( najis yang terlihat). Kalau najis ainiyah menurut Ning Sheila "Baju yang ada dalam mesin cuci itu hanya berputar-putar, jadi kalau najis ainiyahnya kemungkinan tidak akan hilang. Harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum masuk mesin cuci," ungkap Ning Lulusan Ponpes Lirboyo tersebut.

BACA JUGA:Apa Amalan Terbaik dari Anak untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal? Simak Penjelasan dari Ustaz Adi Hidayat

BACA JUGA:Ustaz Adi Hidayat Menjamin! Walaupun Utang Masih Segunung, Mendadak Lunas Jika Sedekah Pada Orang-orang Ini

Oleh karenya kita bahas najis yang ke 2 yaitu Hokmiah (najis yang tidak terlihat) disucikan dengan mesin cuci apakah bisa suci?

Nah beliau memilah milih, dari penjelasan Ning Sheila kalau menurut madzhab Syafi'iyah ketika mensucikan najis itu adalah harus air yang datang pada najisnya. Bukan najis yang datang pad airnya.

"Bisa juga tanya ke penjualnya ini airnya keluar dari mana, bawah Samping, luar atau manual. Kalau kata penjualnya airnya dari atas kemudian bajunya dibawah terus di putar-putar gitu baru keluar sisa air pembuangannya maka mesin cuci tersebut bisa mensucikan baju kotor," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: