Cuma 2 Bahan! Inilah Tips Membersihkan Kerak Membandel pada Wajan dan Panci dengan Mudah dan Cepat 

Cuma 2 Bahan! Inilah Tips Membersihkan Kerak Membandel pada Wajan dan Panci dengan Mudah dan Cepat 

Cuma 2 Bahan! Inilah Tips Membersihkan Kerak Membandel pada Wajan dan Panci dengan Mudah dan Cepat -youtube.com/Nizam Kreatif-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Berikut dua bahan yang dapat dijadikan alernatif untuk tips membersihkan kerak membandel pada wajan dan panci. Penasaran bagaimana caranya?

Kerak membandel pada wajan dan panci dapat disebabkan oleh panas berlebih akibat di atas api terlalu lama dalam keadaan yang sama. 

Pada kondisi seperti ini, kamu memerlukan tips membersihkan kerak membandel pada wajan dan panci agar layak digunakan untuk memasak.

Karena wajan yang tidak bersih atau terdapat sisa-sisa makanan sehingga membuat bakteri berkembang biak lebih cepat. 

BACA JUGA:Begini 6 Tips Membersihkan Lantai Keramik dan Granit  Agar Kesat dan Kinclong, Cuma Pakai 1 Bahan Dapur Ini! 

BACA JUGA:Ketahui 7 Tips Merawat Furniture Kayu Agar Kokoh dan Awet Bertahun-tahun, Ini Penjelasannya! 

Salah seorang ibu rumah tangga dalam channel Youtubenya membagikan tips membersihkan kerak membandel pada wajan dan panci dengan dua bahan saja.

Berikut ini ada beberapa cara yang telah dirangkum dari channel Youtube Zulaikha Pratiwy terkait tips membersihkan kerak membandel pada wajan dan panci dengan baking soda dan cuka makan

  1. Letakkan wajan atau panci yang akan dibersihkan ke dalam wadah yang lebih besar. Letakkan wajan atau panci dengan posisi terbalik.
  2. Setelah itu, taburi wajan atau panci dengan soda kue secara merata ke seluruh permukaan yang terdapat kerak membandel.
  3. Gunakan sarung tangan plastik untuk melindungi tangan dari iritasi bahan-bahan tersebut.
  4. Kemudian lanjut untuk menuangkan cuka makan ke seluruh permukaan wajan atau panci yang sudah ditaburi baking soda.
  5. Berikutnya diamkan beberapa menit.
  6. Lanjut taburi kembali permukaan wajan atau panci dengan soda kue secara merata.
  7. Penggunaan soda kue dan cuka memanglah tidak langsung menghilangkan kerak membandel. Namun hal ini akan mempermudah untuk membuat kerak membandel lepas.
  8. Ratakan soda kue dan cuka pada permukaan wajan menggunakan tangan.
  9. Setelah itu siram kembali permukaan wajan menggunakan cuka makan secara merata.
  10. Kemudian, gunakan spons aluminium untuk menggosokkan bagian wajan atau panci yang terdapat kerak membandel. 
  11. Pada saat menggosoknya, siram kembali menggunakan cuka makan ke semua permukaan wajan yang terdapat kerak membandel.
  12. Lanjut gosok kembali menggunakan spons aluminium hingga kerak membandel terlepas.
  13. Karena kerak membandel belum sepenuhnya terlepas, maka ulangi proses seperti di awal yaitu dengan menaburkan soda kue ke seluruh permukaan wajan atau panci tersebut.
  14. Lalu siram kembali menggunakan cuka makan secara menyeluruh. Nantinya akan terlihat proses kimia dari kedua bahan tersebut melalui munculnya buih putih.
  15. Jika sudah merata, balik wajan atau panci dan rendam bagian yang terdapat kerak membandel menggunakan sisa air cuka yang ada di dalam wadah tersebut.
  16. Setelah beberapa menit direndam, lanjut untuk menggosoknya kembali menggunakan spons aluminium hingga kerak dapat melunak.
  17. Gosok terus secara keras ke seluruh permukaan wajan atau panci. Kamu juga dapat menggunakan pisau untuk mengikis kerak membandel tersebut.
  18. Pada saat mengikis kerak menggunakan pisau, sesekali tuangkan sisa air cuka yang terdapat dalam wadah.
  19. Nantinya kerak membandel akan mulai melunak, sehingga pada saat mengikisnya menggunakan pisau akan membuatnya mudah terlepas.
  20. Bersihkan kerak membandel dengan penuh kesabaran agar dapat terangkat sempurna. Dengan begitu, wajan atau panci akan menjadi bersih. 

BACA JUGA:4 Makanan Tinggi Vitamin untuk Menumbuhkan Rambut Botak, Cegah Kerontokan dan Uban Tanpa Perawatan Salon

BACA JUGA:Inilah 6 Tips Membersihkan Lantai dengan Air Rebusan Serai, Lantai Bersih, Kesat dan Kinclong!

Setelah mengetahui tips membersihkan kerak membandel pada wajan dan panci menggunakan bahan dapur, kini saatnya mengetahui penyebabnya.

Dengan mengetahui beberapa penyebabnya, kamu dapat menjadikan hal tersebut sebagai upaya pencegahan agar kerak membandel pada wajan dan panci tidak muncul. 

Selain pemanasan berlebih pada wajan atau panci, penyebab lain yaitu penggunaan alat masak yang tidak sesuai.

Penggunaan spatula yang tajam dan kasar akan membuat lapisan anti lengket pada wajan atau panci rusak sehingga menyebabkan kerak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: