Buka Pendaftaran Balon Bupati dan Wakil Bupati, DPC PKB Batang Buka Peluang Koalisi dengan Partai Lain

Buka Pendaftaran Balon Bupati dan Wakil Bupati, DPC PKB Batang Buka Peluang Koalisi dengan Partai Lain

DPC PKB Batang menggelar konferensi pers terkait pembukaan pendaftaran balon bupati dan wakil bupati yang akan diusung pada Pilkada mendatang.-istimewa -

BATANG - Menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) membuka pendaftaran bakal calon bupati dan juga wakil bupati mulai 13 sampai 18 Mei 2024.

Selain itu, DPC PKB juga menyatakan siap untuk berkoalisi dengan partai lain, dalam mengusung pasangan calon bupati dan wakil bupati 

Ketua DPC PKB Batang, H Fauzi Fallas mengatakan, untuk mempersiapkan menghadapi Pilkada, pihaknya telah membentuk desk Pilkada yang bertugas untuk mempersiapkan segala sesuatu menghadapi Pilkada mendatang.

"Pembukaan pendaftaran ini bertujuan untuk menjaring atau memberi kesempatan pada masyarakat Batang untuk berpartisipasi dalam bursa calon Bupati dan wakil Bupati Batang,  asal memiliki kapasitas, kapabilitas dan elektabilitas," ujar H Fauzi Fallas saat menggelar konferensi pers di kantor DPC PKB Batang, Senin 13 Mei 2024.

Fauzi Fallas menjelaskan, pendaftaran balon bupati dan wakil bupati terbuka, baik untuk kader PKB dan non kader. Setiap pendaftar mempunyai kesempatan yang sama untuk mendaftar sebagai bakal calon bupati atau wakil bupati 

"Kami berharap ada kader PKB yang mendaftar sebagai bakal calon bupati maupun wakil bupati untuk maju dalam pilkada. Dan diharapkan saat pendaftaran ditutup, sudah ada berapa calon yang mendaftar, sehingga bisa dilakukan pengkajian dan juga seleksi oleh pihak DPC PKB Batang," terang Fauzi Fallas.

Sementara itu Ketua Desk Pilkada DPC PKB Batang, Fathurrahman mengungkapkan, diharapkan akan bakal calon yang mendaftar ke PKB dari internal partai.

"Bagi masyarakat yang mempunI kompetensi dan juga keinginan untuk memajukan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Batang, kami persilahkan untuk mendaftar sebagai calon bupati atau wakil bupati melalui PKB," tegas Fathurrahman.

Lebih lanjut dijelaskan, sesuai arahan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, calon yang akan diusung haruslah memiliki kapasitas,  kapabilitas dan elektabilitas. Selain itu juga mempunyai visi dan misi untuk memajukan daerahnya.

"Desk Pilkada yang ada di daerah selaku kepanjangan tangan partai, siap menindaklanjuti arahan dari ketua umum," lanjutnya.

Pendaftaran sendiri dilakukan di kantor DPC PKB Batang, JI. KH. Ahmad Dahlan No. 12 Bogoran, sesuai jam kerja. Desk Pilkada siap membantu bagi warga yang ingin maju pada Pilkada sebagai balon bupati atau wakil bupati dari PKB.

Ditambahkan, sebagai partai pemenang pemilu legislatif 2024 di Kabupaten Batang, PKB menjadi partai satu-satunya yang bisa mengusung calon sendiri. Namun PKB tetap membuka peluang untuk berkoalisi dengan partai lainnya dalam mengusung bakal calon yang akan maju pada Pilkada.

"Diharapkan akan banyak calon yang mendaftar, sehingga bisa didapatkan calon yang terbaik untuk diusulkan ke DPP PKB melalui DPW PKB Jawa Tengah, dan nantinya bisa didapatkan calon terbaik untuk diusung dalam Pilkada mendatang.

Sebelumnya, dalam rapat internal DPC PKB Batang, seluruh pengurus partai mendesak agar H Fauzi Fallas untuk maju sebagai calon bupati Batang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: