Driver Ojol Wajib Tau! Ini Perawatan Motor yang Harus Dilakukan Setiap Bulan Agar Awet

Driver Ojol Wajib Tau! Ini Perawatan Motor yang Harus Dilakukan Setiap Bulan Agar Awet

Perawatan Motor yang Harus Dilakukan Setiap Bulan Agar Awet-youtube.com- Digioto

Salah satu tips perawatan motor yang harus dilakukan setiap bulan agar awet yakni melakukan perawatan pada kampas rem. Mengapa harus rem? Pasalnya kampas rem menjadi salah satu komponen paling penting pada motor.

Bayangkan saja, jika kampas rem motormu ada masalah, maka bisa terjadi rem blong atau beberapa hal yang tak diinginkan lainya Tentu saja tak mau bukan jika terjadi hal-ha seperti itu?

BACA JUGA:Driver Ojol Merapat! Inilah Motor Listrik yang Lincah dan Tarikanya Kencang, Cocok untuk Ojek Online Nih

BACA JUGA:Mulai dari 37 Ribuan, Inilah 5 Rekomendasi Oli Motor Untuk Ojek Online Terbaik, Jangan Salah Pilih!

Oleh sebab itu sangat penting untuk tetap melakukan perawatan pada kampas rem secara rutin setiap bulan. Apalagi untuk motor yang selalu digunakan untuk mengais rezeki sepeti driver ojek online.

Kampas rem sendiri dibagi menjadi 2 bagian, yakni kampas rem depan dan kampas rem belakang. Untuk harganya sendiri, perawatan kampas rem depan seharga Rp 45 ribu sedangkan untuk kampas rem belakang sekitar Rp 35 ribu.

2. Servis tune up 

Selanjutnya kamu harus melakukan perawatan tune up. Basanya, servis tune up ini paketan sehingga tak hanya servis untuk 1 bagian saja. Servis ini meliuti beberapa hal. 

Beberapa hal tersebut yakni pengecekan tekanan ban, ketegangan rantai, membersihkan karburator dan radiator, pengecekan ECU dan CVT, pengecekan lampu, sen dan klakson serta membersihkan saringan udara.

Meskipun meliputi banyak penegcekan, biaya yang digunakan untuk servis tune up yakni skeitar Rp 75.000. Dengan biaya ini maka keamanan dan kenyamanan motormu sudah bagus. Bagaimana? Masih ingin melewatkan? 

Bagi driver ojek online tentu servis atau perawatan ini menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Selain untuk kenyamana maka untuk keamanan juga. 

3. Ganti oli

Ganti oli juga menjadi hal yang terus dilakukan secara berkala, bahkan jika dilewatkan akan berdampak negatif pada motormu loh. Bisa jadi motormu akan mengalami beberapa permasalahan.

Oli pada motor memiliki fungsi sebagai pelumas, maka oli akan melapisi bagian logam agar tidak terjadi kontak langsung dengan udara atau air, sehingga bisa melindungi mesin agar tidak mudah berkarat.

BACA JUGA:Utamakan Kenyamanan Penumpang! Berikut 5 Motor Yamaha yang Nyaman untuk Ojek Online, Bahan Bakarnya Irit!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: