Luar Biasa Iritnya, Konsumsi BBM Yamaha Grand Filano Capai 83,45 KM/Liter

Luar Biasa Iritnya, Konsumsi BBM Yamaha Grand Filano Capai 83,45 KM/Liter

Kegiatan touring yang diadakan oleh Yamaha pada 1 Mei 2024 menjadi kesempatan untuk membuktikan efisiensi bahan bakar Yamaha Grand Filano dengan teknologi hybrid.-istimewa -

SEMARANG - Kegiatan touring yang diadakan oleh Yamaha pada 1 Mei 2024 bukan hanya momen keakraban antara media, blogger, vlogger, pelanggan, dan Yamaha.

Kegiatan ini juga menjadi kesempatan untuk membuktikan efisiensi bahan bakar Yamaha Grand Filano dengan teknologi hybrid. Hasilnya sungguh mengejutkan.

"Luarr biasa.. Efisiensi bahan bakar Grand Filano mencapai 83 KM/Liter. Sungguh luar biasa," seru seorang peserta ketika hasil kompetisi efisiensi bahan bakar Grand Filano diumumkan.

Yang lebih mengagumkan, pengujian efisiensi Grand Filano ini berbeda dari biasanya, yang umumnya hanya menempuh jarak tertentu, atau mengelilingi lapangan, atau di jalur lurus yang sudah disiapkan.

"Rute yang kami tempuh ini spesial. Kami berangkat dari Jogja ke Solo. Tapi, jangan bayangkan kami melewati jalur utama Jogja-Solo," jelas Irfan, salah satu peserta.

Paul Himawan, Cied DDS PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing DDS 3 Jawa Tengah dan DIY, menyatakan bahwa rute pengujian efisiensi bahan bakar Grand Filano ini sangat unik.

Menurut Paul, jika kita menginginkan jalur lurus, tentu saja jalur utama, Jalan Jogja-Solo yang melewati Kabupaten Klaten, menjadi pilihan.

"Kami memilih jalur yang tidak biasa, yang mungkin belum dikenal oleh peserta. Alasannya? Karena kami mengambil jalur dari Jogja, sampai ke Jogonalandi Kabupaten Klaten. Setelah Jogonalan, kami menuju Wedi, yang berakhir di Bayat," terang Paul.

Dari Bayat, perjalanan dilanjutkan ke Cawas, dan dari kota ini menuju Weru di Kabupaten Sukoharjo sampai Solo Baru.

"Dari Solo Baru, barulah kami finis di Solo," tambah Paul.

Dengan memilih jalur yang tidak umum ini, dengan berbagai tingkat kepadatan lalu lintas, terutama saat memasuki pusat kota kecamatan seperti Wedi, Bayat, Cawas, Weru hingga Solo Baru, kepadatan lalu lintas sangat terasa. Aksi gas dan rem menjadi rutinitas para pengendara.

Biasanya, pengujian efisiensi bahan bakar dihindari dari kondisi seperti ini, namun karena kondisi lalu lintas yang kami pilih, kami harus menyesuaikan.

"Dengan kondisi lalu lintas yang sibuk itu, Grand Filano berhasil menempuh jarak 83,45 KM/Liter," lanjut Paul.

"Untuk sistem pengujian, kami menggunakan metode full to full. Artinya, tangki bahan bakar penuh saat perjalanan dimulai. Saat finis, kami mengisi penuh tangki bahan bakar lagi sehingga kami bisa mengetahui berapa liter bahan bakar yang telah digunakan. Dari total jarak yang ditempuh dibagi dengan jumlah bahan bakar yang digunakan, kami bisa mengetahui berapa jarak yang bisa ditempuh dengan 1 liter bahan bakar," jelas Paul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: