Luar Biasa Iritnya, Konsumsi BBM Yamaha Grand Filano Capai 83,45 KM/Liter

Luar Biasa Iritnya, Konsumsi BBM Yamaha Grand Filano Capai 83,45 KM/Liter

Kegiatan touring yang diadakan oleh Yamaha pada 1 Mei 2024 menjadi kesempatan untuk membuktikan efisiensi bahan bakar Yamaha Grand Filano dengan teknologi hybrid.-istimewa -

Mekanisme Teknologi Hybrid

Teknologi hybrid pada Yamaha Grand Filano Hybrid Connected, yang sebelumnya sudah ada di Yamaha Fazzio, bekerja dengan mengoptimalkan Smart Motor Generator (SMG) yang ada di mesin Bluecore Yamaha.

SMG yang sebelumnya hanya berfungsi sebagai starter elektrik, kini ditingkatkan fungsinya menjadi Hybrid Power Assist. SMG memberikan tenaga ekstra saat akselerasi.

Hybrid Power Assist tidak beroperasi sendiri, hanya memberikan tenaga tambahan selama 3 detik dari kondisi motor berhenti total saat akselerasi.

SGCU (Starter Generator Control Unit) disetel untuk mengaktifkan SMG saat motor hendak bergerak, bukan hanya saat motor pertama kali dihidupkan.

Hybrid Power Assist aktif saat putaran mesin di atas 1.300 rpm dan akan mati otomatis setelah 3 detik atau saat rpm mesin mencapai 5.500 rpm.

Yang menarik, baik Yamaha Grand Filano Hybrid Connected maupun Yamaha Fazzio tidak memerlukan baterai lithium tambahan yang biasa ada pada teknologi hybrid konvensional pada mobil atau motor. 

Kedua motor ini hanya menggunakan baterai konvensional Yuasa YTZ6V yang ditempatkan di bawah jok Yamaha Grand Filano Hybrid Connected. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: