Masih PPKM, Ini Tips Aman Naik Kereta Api Jarak Jauh

Masih PPKM, Ini Tips Aman Naik Kereta Api Jarak Jauh

4. Pakai masker ganda

Saat hari keberangkatan, pastikan Anda memakai APD (alat pelindung diri) standar sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku. Seperti  wajib pakai masker medis maupun masker kain dengan benar, bisa juga dengan double mask yaitu menggunakan masker medis yang kemudian dilapisi dengan masker kain.

Selain itu, ada baiknya Anda menggunakan pakaian dengan lengan panjang untuk melindungi diri dari potensi kontak dengan orang lain saat berada di perjalanan. Pemakaian face shield dan sarung tangan bersifat opsional, dipakai tentu lebih baik.

5. Bawa barang-barang wajib bepergian di masa pandemi

Jangan lupa pula membawa barang-barang yang wajib tersedia di tas Anda saat bepergian. Contohnya adalah masker cadangan, hand sanitizer, serta disinfektan untuk membersihkan permukaan tempat duduk di kereta maupun barang bawaan Anda.

Jangan lupa juga membawa tisu basah maupun tisu kering untuk menjaga kebersihan tangan. Selain itu bawa juga botol minum sendiri, bawa bekal jika perjalanan di atas 2 jam dan membawa obat-obatan untuk penyakit yang sering Anda derita, misalnya mabuk darat, pusing, mual, masuk angin, flu dan sebagainya.

Demikianlah sejumlah tips yang perlu Anda perhatikan saat naik kereta jarak jauh di masa pandemi sekarang. Jika memang tidak bisa ditunda, maka perhatikan tips di atas agar perjalanan Anda tetap nyaman dan aman. Pastikan juga selalu patuhi prokes dengan baik dimanapun Anda berada. Selamat bepergian aman dan nyaman naik kereta api!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: