Masih PPKM, Ini Tips Aman Naik Kereta Api Jarak Jauh

Masih PPKM, Ini Tips Aman Naik Kereta Api Jarak Jauh

Pemerintah telah menerapkan PPKM sejak akhir Juli 2021 lalu. Pemberlakuan PPKM itu membuat syarat perjalanan pun turut disesuaikan.

Nah, jika ada keperluan ke luar kota dan ingin naik kereta api, maka ada tips yang perlu diketahui agar perjalanan Anda tetap aman dan juga nyaman.

Agar tidak gagal berangkat, berikut ini ada tips naik kereta api yang perlu diketahui agar perjalanan aman dan nyaman.

1. Beli tiket kereta secara online

Aturan ini sudah jelas dari PT KAI yang sudah berjalan sejak awal 2020 lalu dimana semua pembelian tiket kereta api untuk waktu perjalanan yang masih lama harus secara online. Tiket go show hanya untuk keberangkatan di hari yang sama minimal 3 jam sebelum jam keberangkatan.

Ada banyak aplikasi yang memungkinkan Anda membeli tiket kereta api online, misalnya Traveloka yang merupakan aplikasi tiket kereta dengan status mitra resmi PT KAI.

Anda tinggal pilih rute tujuan dan langsung booking tiket agar tidak kehabisan. Selain menawarkan kemudahan beli tiket kereta api online ke semua rute yang tersedia, Traveloka juga memiliki fitur TrainPlus yang memberikan solusi lengkap kebutuhan perjalanan Anda dengan kereta api.

Inovasi terbaru Traveloka ini memungkinkan Anda mendapat berbagai penawaran menarik, mulai dari tes Covid-19, asuransi perjalanan, safe travel kit, antar jemput stasiun, hiburan selama di perjalanan, dan ada pula gratis donat Krispy Kreme bagi Anda yang berangkat dari Stasiun Gambir. Perjalanan Anda dengan kereta api pun bebas cemas jika beli tiketnya di Traveloka.

2. Siapkan kartu vaksin

Salah satu syarat naik kereta api jarak jauh saat ini adalah menunjukkan kartu atau sertifikat vaksin Covid-19, minimal dosis pertama. Jika Anda belum divaksin karena ada kondisi medis tertentu, maka kartu vaksin bisa diganti dengan surat keterangan dari dokter spesialis.

Untuk berjaga-jaga, segera download sertifikat vaksin Anda melalui PeduliLindungi lalu print atau bisa juga disimpan di dalam smartphone sehingga bisa ditunjukkan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

3. Lakukan rapid test sehari sebelum berangkat

Penumpang kereta api jarak jauh harus menyertakan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR yang dilakukan maksimal 2x24 jam sebelum berangkat atau rapid test antigen maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan.

Ada baiknya Anda melakukan tes sebelum hari H keberangkatan. Tentunya akan jauh lebih nyaman jika Anda sudah mengantongi surat negatif Covid-19 sebelum berangkat, bukan? Anda pun tidak harus tergesa-gesa saat menuju stasiun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: