Bangun Sinergi dengan Perguruan Tinggi Untuk Tingkatkan Prestasi Olahraga di Jawa Tengah

Bangun Sinergi dengan Perguruan Tinggi Untuk Tingkatkan Prestasi Olahraga di Jawa Tengah

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana saat meresmikan lapangan tenis Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus), Minggu, 2 Juni 2024. -istimewa -

SEMARANG - Sinergisitas antara pemerintah provinsi dengan perguruan tinggi dapat meningkatkan prestasi bidang olahraga di Jawa Tengah.

Hal itu diungkapkan Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah,  Nana Sudjana saat meresmikan lapangan tenis Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus), Minggu, 2 Juni 2024. 

"Kami menyambut baik dan mengapresiasi. Lapangan tenis ini tentu akan menarik minat para olahragawan,  terutama olahraga tenis lapangan," kata Nana Sudjana usai acara.

Menurut Nana, tenis lapangan merupakan salah satu olahraga yang diminati oleh berbagai kalangan. Mulai anak muda hingga veteran. Sehingga, keberadaan lapangan tersebut mampu memberikan manfaat untuk banyak orang. 

Nana berharap, upaya yang dilakukan oleh Unimus juga diikuti oleh perguruan tinggi dan instansi lainnya. Sehingga dapat memacu pencarian bakat dan pembinaan olahraga di Jawa Tengah.

"Upaya ini juga akan meningkatkan masyarakat menjadi sehat dan berprestasi," katanya.

Terkait prestasi, Jateng punya target peningkatan di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON). Di kompetisi yang akan digelar di Aceh-Sumut pada bulan September itu, Nana berharap Jawa Tengah bisa mengalami peningkatan.

"Kami harapkan adanya peningkatan peringkat. Kalau tahun lalu di Papua kita posisi enam, tahun ini kami target peringkat tiga atau empat," tegasnya.

Semangat hidup sehat lewat olahraga juga diwujudkan Pemprov Jateng melalui gelaran Specta Jateng 2024.

Event ini mempertandingkan 14 cabang olahraga sekaligus menjadi ajang promosi pariwisata atau sport tourism di Jawa Tengah.

"Kita harapkan program Specta ini dapat menumbuhkembangkan olahraga. Ini juga akan memacu perkembangan di bidang lain (seperti  pariwisata dan perekonomian). Harapannya seperti itu," ungkap Nana.

Sementara itu, Rektor Unimus, Masrukhi mendukung program pemerintah khususnya dalam membangkitkan dan meningkatkan prestasi olahraga.

Sinergisitas ini akan mendorong pengembangan dan pembinaan olahraga yang sistematis.

"Sebagian besar atlet-atlet juga usia mahasiswa, berada di kampus. Saya kira keinginan Pj Gubernur untuk meningkatkan olahraga di Jawa Tengah bisa terlaksana dengan baik dan sistematis," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: