Jembatan Blok Karangsari Petungkriyono Pekalongan Ambles, Petungkriyono - Banjarnegara Terputus

Jembatan Blok Karangsari Petungkriyono Pekalongan Ambles, Petungkriyono - Banjarnegara Terputus

Warga Desa Gumelem Petungkriyono Kabupaten Pekalongan membuat jembatan darurat agar akses Petungkriyono - Banjarnegara bisa dilalui kendaraan kecil dan motor.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Jembatan di jalan kabupaten di Blok Karangsari di Desa Gumelem, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, ambles, Sabtu malam, 1 Juni 2024. Akibatnya, jalur transportasi Petungkriyono - Banjarnegara terputus. 

Padahal, banyak masyarakat Petungkriyono bagian selatan yang akses ekonomi dan kesehatannya ke wilayah Banjarnegara. Akibat jembatan ini ambles, tak ada jalur alternatif lainnya yang bisa dilalui masyarakat Petungkriyono untuk ke Banjarnegara.

Kepala Desa Gumelem Ta'at, Minggu, 2 Juni 2024, mengatakan, jembatan di Blok Karangsari itu ambles karena usia jembatan sudah tua dan diterjang banjir Sungai Karangsari. "Kejadiannya saat hujan lebat mengguyur wilayah sini," kata dia.

Akibat amblesnya jembatan itu, jalur transportasi Petungkriyono - Banjarnegara terputus total. Jalur itu merupakan satu-satunya akses utama menuju ke Banjarnegara dan tidak ada jalur alternatif lainnya.

"Jembatannya sih kecil, 6 kali 3 meter, tapi ini berada di jalan utama Petungkriyono - Banjarnegara, dan tidak ada jalur alternatif lainnya," kata dia.

Baca juga:Sangat Membahayakan! Ruas Jalan Kandangserang - Bojongkoneng di Pekalongan Sudah 1 Bulan Ambles

Akibat jembatan itu ambles, penumpukan kendaraan sempat terjadi di blok itu, kemarin pagi. Oleh karena itu, untuk sementara warga bergotong-royong membuat jembatan darurat dari batang pohon.

"Ini untuk sementara kendaraan roda dua dan kendaraan kecil bisa melewati jembatan darurat ini. Namun untuk angkutan barang belum bisa," ujar dia.

Camat Petungkriyono Hadi Surono membenarkan adanya jembatan yang ambles di Blok Karangsari di ruas jalan Sikucing - Gumelem.

"Memang waktu itu dari siang hingga sore hari Petungkriyono diguyur hujan deras," katanya.

Akibat amblesnya jembatan itu, akses Petungkriyono - Banjarnegara tak bisa dilalui. Oleh karena itu, masyarakat yang akan menuju ke Banjarnegara bisa menggunakan jalur Kajen - Paninggaran - Banjarnegara. 

Sementara itu, Kepala DPU dan Taru Kabupaten Pekalongan Mudiharso, dikonfirmasi terpisah membenarkan adanya jembatan ambles di Blok Karangsari di Desa Gumelem, Kecamatan Petungkriyono. Menurutnya, jembatan itu ambles paska hujan deras mengguyur wilayah pegunungan tersebut. 

"Jembatan jalan PU arah Gumelem - Yosorejo Blok Karangsari ambles parah paska hujan lebat. Kita akan survei kebutuhan untuk penanganan dan segera kita tangani," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: