Sakit, 1 Calhaj asal Kota Pekalongan Meninggal Dunia

Sakit, 1 Calhaj asal Kota Pekalongan Meninggal Dunia

Calon jemaah haji asal Kota Pekalongan saat acara pelepasan oleh Wali Kota Pekalongan, Selasa, 21 Mei 2024.-Istimewa-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Hingga Selasa, 4 Juni 2024, tercatat ada satu orang calon jemaah haji (calhaj) asal Kota Pekalongan yang meninggal dunia.

Jemaah yang meninggal tersebut bernama Soekisno bin Achmad Djahri (88), warga Pringrejo, Pekalongan Barat, Kota Pekalongan, yang tergabung dalam Kloter 39 Embarkasi Solo (SOC).

Informasi tentang wafatnya salah seorang calhaj asal Kota Pekalongan ini dibenarkan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pekalongan H Kasiman Mahmud Desky. 

Kasiman menuturkan bahwa Soekisno meninggal dunia sewaktu masih di embarkasi, tepatnya di RS Moewardi, Solo, pada 24 Mei 2024. "Iya, benar. (Wafat) sebelum berangkat," kata Kasiman, Senin malam, 3 Juni 2024.

BACA JUGA:Bakal Berangkat Tahun Ini, 708 Calhaj di Batang Dibagi Jadi Tiga Kloter Pemberangkatan

Kabar ini juga telah disampaikan oleh Pejabat Humas PPIH Embarkasi Solo Gentur Rahma Indriadi dalam siaran persnya. Disampaikan bahwa calhaj tersebut wafat karena sakit. Meninggal dunia setelah dirujuk dari poliklinik embarkasi pada 22 Mei lalu.

"Kami informasikan berita duka Embarkasi Solo saat ini jumlah semua wafat bertambah satu menjadi empat. Kita mendapatkan informasi dari Rumah Sakit Moewardi bapak Soekisno bin  Achmad Djahri dari SOC 39 Kota Pekalongan usia 88 tahun meninggal di rumah sakit," kata Gentur di Asrama Haji Donohudan Boyolali, dilansir RRI.

Rombongan CJH kloter 39 dari Kota Pekalongan, diterima PPIH Embarkasi Solo pada tanggal 22 Mei 2024 pukul 06.00 WIB. Sesampainya di Asrama Haji Donohudan, para jemaah pun menjalani pemeriksaan kesehatan.

Sampai di Embarkasi, dilakukan pemeriksaan, (Soekisno bin Achmad Djahri) diagnosa perlu tindakan lebih lanjut dibawa ke rumah sakit rujukan, RS Moewardi Solo," kata dia.

Adapun jemaah tersebut sudah diserahterimakan kepada pihak keluarga oleh petugas haji daerah di rumah duka Jl Walet No 20 Bina Griya Pekalongan.

BACA JUGA:Kisah Mak Sombret yang Viral Ngiring Haji Naik Ojek dari Kajen ke Solo, Tak Punya Rumah Sendiri

Pada musim haji 2024 ini, ada 337 calon haji Kota Pekalongan yang berangkat ke tanah suci. Mereka terbagi dalam kelompok terbang (kloter) 13, 38 dan 39.

Dari jumlah 337 orang tersebut, dua orang masuk kloter 13 bersama jemaah haji asal Wonosobo dan Banjarnegara.

Sementara, 166 orang calon haji masuk kloter 38 bersama jemaah haji Kabupaten Batang dan 169 orang jemaah lainnya berada di kloter 39 bersama jemaah asal Kabupaten Kendal. (way)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: