Sebanyak 2.293 ASN di Lingkungan Pemprov Jateng Dilantik, Ini Pesan Pj Gubernur Jawa Tengah

Sebanyak 2.293 ASN di Lingkungan Pemprov Jateng Dilantik, Ini Pesan Pj Gubernur Jawa Tengah

Pj Gubernur didampingi Sekda menyerahkan secara simbolis SK pelantikan ASN di lingkungan Pemprov Jawa Tengah.-istimewa -

SEMARANG - Sebanyak 2.293 aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan pemerintahan provinsi Jawa Tengah, dilantik oleh Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, Rabu 5 Juni 2024.

Pelantikan tersebut dilakukan secara luring dan daring di Gedung Gradhika Bhakti Praja Semarang.

Ribuan orang tersebut terdiri atas 2.011 orang Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Formasi Tahun 2023, 38 orang PPPK Optimalisasi Formasi Tahun 2022, 4 orang CPNS lulusan Pola Pembibitan STTD, 238 orang PPPK Formasi Tahun 2019, dan 2 orang Pejabat Fungsional naik ke Jenjang Jabatan Fungsional Ahli Utama.

Dalam pelantikan tersebut juga ditandatangani pakta integritas sebagai bentuk komitmen dalam melaksanakan tugas, fungsi, dan tanggung jawab selaku ASN di lingkungan Pemprov Jateng.

"Mereka sanggup untuk tidak melakukan korupsi, kolusi, dan nepotisme. Maka, jadilah penggerak dalam perlawanan tindak korupsi, serta setia pada Pancasila dan NKRI. Sikap ASN harus mencerminkan nilai-nilai Pancasila," kata Nana usai melakukan pelantikan. 

Nana berharap, tambahan ASN ini dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang lebih profesional. Para ASN yang baru dilantik juga diminta untuk bekerja dengan cerdas, ikhlas, dan penuh dedikasi.

"Tidak zamannya lagi menunggu perintah atasan, tetapi ASN harus penuh kreatif, inovatif, dan profesional," tegas Nana.

Dalam kesempatan itu, Nana juga menjelaskan terkait penghapusan tenaga honorer per Desember 2024. Ia mengatakan bahwa tenaga honorer yang saat ini ada di Pemprov Jateng akan mengikuti seleksi CASN yang formasinya sudah diusulkan ke pemerintah pusat.

"Betul, ke depan memang tidak ada lagi untuk (tenaga) honorer. Jadi mereka yang dari honorer akan diangkat menajdi PPPK melalui tes," jelasnya.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno menambahkan, untuk memenuhi kebutuhan personel di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah,  maka dilakukan permohonan formasi dan seleksi CASN. Setelah dilakukan seleksi, hasilnya adalah ribuan pegawai yang dilakukan pelantikan hari ini. 

"Selamat bertugas dan membantu meningkatkan pelayanan dan pembangunan di Jateng," katanya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: