Warga RW 02 Tirto Kota Pekalongan Sumringah, Jalannya Kini Lebih Tinggi dan Mulus berkat TMMD

Warga RW 02 Tirto Kota Pekalongan Sumringah, Jalannya Kini Lebih Tinggi dan Mulus berkat TMMD

Peresmian jalan dan penutupan kegiatan TMMD Sengkuyung II Tahun 2024 di RT 05 RW 02 Kelurahan Tirto Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan, Jumat, 7 Juni 2024.-Wahyu Hidayat/Radar Pekalongan-

PEKALONGAN, RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Warga RT 05 RW 02 Kelurahan Tirto, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan sumringah karena kini jalan di kampungnya sudah lebih tinggi dan mulus dari sebelumnya.

Jalan sepanjang 202 meter dan lebar 3 meter tersebut telah selesai dicor beton setinggi 40 cm melalui kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung II tahun 2024. Sebelumnya, ruas jalan tersebut selalu tergenang banjir jika diguyur hujan deras.

"Rumiyin boten sae, nek udan mesti banjir (dulu tidak bagus, kalau hujan pasti banjir). Ini setelah dibangun melalui TMMD, jalannya sudah mulus. Semoga tidak banjir lagi. Ya kami tentunya sangat senang dan berterima kasih ke bapak-bapak TNI dan pemerintah karena sudah memperbaiki jalan di sini," kata Sariyah (60), salah seorang warga, Jumat, 7 Juni 2024.

Program TMMD Sengkuyung II Tahun 2024 oleh Kodim 0710/Pekalongan yang berlokasi di Kelurahan Tirto Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan, telah resmi ditutup pada Jumat, 7 Juni 2024.

Sasaran fisik maupun nonfisik pada TMMD ini telah selesai 100 persen. Sasaran fisik berupa pekerjaan jalan beton volume, panjang 202 meter, lebar 3 meter dan tinggi 0,4 meter.

BACA JUGA:Progres TMMD Sengkuyung di Kelurahan Tirto Pekalongan Barat Rampung 100 Persen

Sementara, untuk sasaran Non Fisik meliputi Penyuluhan Wawasan Kebangsaan, Penyuluhan Kamtibmas, Penyuluhan Kebencanaan, Penyuluhan UMKM, Penyuluhan Kesehatan, Penyuluhan PKK dan Keterampilan Keluarga, hingga Penyuluhan Pertanian.

Upacara penutupan dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Setda, Soesilo berlangsung di Lapangan Peturen, Kelurahan Tirto. Dihadiri Kasdim Pekalongan Mayor Arh Ahmad Thohir, perwakilan forkopimda setempat, dan masyarakat.

"Alhamdulillah pagi ini kita meresmikan peningkatan jalan sepanjang 200 meter hasil TMMD Sengkuyung di Jalan KH Ahmad Dahlan gang 7 RT 05 RW 02 Kelurahan Tirto, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan. Syukur Alhamdulillah program ini bisa dikerjakan tepat waktu mulai 8 Mei 2024 dan diresmikan hari ini, 7 Juni 2024," kata Kasdim Mayor Thohir.

Kasdim Thohir berharap, apa yang telah dikerjakan dalam program TMMD ini, bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk masyarakat. Terutama dalam membantu mengurangi dampak banjir yang sebelumnya sering terjadi di lokasi TMMD tersebut. Selama proses pekerjaan program TMMD ini, antusias keterlibatan masyarakat sangat tinggi.

"Mereka bersama-sama bahu-membahu untuk membantu meringankan pekerjaan yang dilaksanakan oleh jajaran TNI dan Pemkot Pekalongan," ungkapnya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Setda, Soesilo mengapresiasi atas kerja sama dan kerja keras jajaran TNI Kodim Pekalongan bersama masyarakat yang telah bersama-sama merampungkan sejumlah sasaran fisik maupun nonfisik.

Pihaknya meminta kepada warga setempat agar senantiasa merawat hasil TMMD ini dengan sebaik-baiknya. Sebab, program TMMD ini merupakan bentuk kemanunggalan antara TNI, Pemkot dan rakyat dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. 

Dalam digulirkannya program ini, manfaat yang dirasakan oleh masyarakat tidak hanya dari segi peningkatan infrastruktur wilayahnya, tetapi juga dari segi nonfisik yang hasil kualitas programnya sangat baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: