Rambutmu Berminyak dan Mudah Lepek? Ini 5 Cara Atasi Rambut Lepek Biar Sehat Mengembang, dan Bebas Bau!

Rambutmu Berminyak dan Mudah Lepek? Ini 5 Cara Atasi Rambut Lepek Biar Sehat Mengembang, dan Bebas Bau!

Cara atasi rambut lepek biar sehat mengembang.-Freepik.com-

- Akibat Perawatan Rambut yang Salah

Tidak hanya shampo saat keramas, penggunaan produk perawatan rambut lainnya juga bisa menyebabkan produksi minyak berlebih di kulit kepala.

BACA JUGA:Tanpa Penggunaan Bahan Kimia, Berikut 5 Cara Alami Merawat Rambut Rusak Agar Lebih Ternutrisi dan Berkilau!

BACA JUGA:Rambut Rusak karena Styling? Ini 5 Tips Merawat Rambut Rusak karena Bleaching, Rambut Kembali Sehat Berkilau

Cara Atasi Rambut Lepek Berminyak

Nah untuk mengatasi rambut berminyak yang mudah lepek tersebut, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Karena saat dibiarkan, rambut berminyak akan jadi ketombe, bau, hingga muncul jerawat di kepala.

1. Keramas dengan Cara dan Sampo yang Tepat

Langkah utama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rambut lepek dan berminyak adalah dengan memilih produk shampo yang tepat dan juga tahu bagaimana cara keramas yang ideal untuk jenis kulit kepala yang berminyak.

Untuk jenis kulit kepala berminyak maka rekomendasi shampo yang tepat adalah shampo yang bebas dari kandungan minyak. Kamu juga bisa menggunakan produk conditioner yang khusus dibuat untuk jenis rambut berminyak.

Untuk intensitas keramas juga jangan terlalu sering cukup dua sampai tiga kali seminggu. Pastikan kulit kepala terbilas dengan bersih setelah keramas, dan baiknya bilas menggunakan air suhu ruang.

Karena kulit kepala yang berminyak juga terjadi disebabkan akibat produk sampo yang tertinggal. Sedangkan penggunaan air hangat saat mencuci rambut dapat merangsang kelenjar penghasil serbuk untuk memproduksi minyak lebih.

2. Hindari Produk Hair Care Berbahan Silikon

Pada beberapa produk hair care seringkali terdapat kandungan silikon yang fungsinya adalah membantu melembutkan rambut dan menambah kilau. Namun kandungan ini tidak berlaku pada kondisi rambut berminyak.

Kandungan silikon pada sampo maupun hair care lainnya ternyata justru akan menyebabkan penumpukan minyak di kulit kepala jika kamu punya jenis kulit yang berminyak. Tentu saja akibatnya rambut jadi terlihat lepek kotor dan terasa.

Kandungan silikon juga dapat mengurangi kelembaban yang dibutuhkan batang rambut. Jadi saat memilih produk hair care pastikan kamu mengecek bagian komposisi, dan hindari kandungan silikon ataupun bahan lain dengan akhiran "cone".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: