Tip #Cari_Aman Rawat Motor Setelah Perjalanan Jauh Ala Honda Jateng

Tip #Cari_Aman Rawat Motor Setelah Perjalanan Jauh Ala Honda Jateng

Tip #Cari_Aman Rawat Motor Setelah Perjalanan Jauh Ala Honda Jateng. -istimewa -

Semarang - Bagi pengendara motor  yang hobbi touring perjalanan jauh, harus rajin melakukan perawatan motornya, agar performanya tetap optimal ketika motor ingin digunakan kembali. 

Berikut tips perawatan dan pengecekan sepeda motor setelah digunakan perjalanan jauh. 

1. Mencuci Motor

Langkah  wajib pertama yang perlu dilakukan adalah mencuci motornya, bisa langsung dibersihkan, agar tidak  menghambat kinerja komponen kendaraan atau bahkan membuatnya rusak seperti berkarat.

2. Periksa Oli 

Periksa oli motor, mulai dari volume, kekentalan, maupun warna dari cairan oli tersebut, dan jangan lupa melakukan pengecekan kualitas oli mesin juga.

3. Periksa Aki

Melakukan pemeriksaan aki untuk memastikan kondisinya tidak lemah atau rusak, sehingga fungsi kelistrikan sepeda motor bekerja dengan baik, termasuk fungsi starter engine untuk menghidupkan mesin.

4. Periksa Filter Udara

Selanjutnya lakukan pemeriksaan pada filter udara juga, karena  setelah berkendara jauh harus segera dibersihkan. Pembersihan filter udara dapat membuat tarikan motor akan terasa ringan dan nyaman.

5. Periksa Kampas Rem

Kampas rem juga harus diperiksa, indikasi kampas rem yang sudah mulai menipis dan perlu diganti ditandai dengan beberapa hal seperti suara berdecit saat mengerem, tuas rem menjadi lebih dalam dan volume minyak rem yang berkurang.

6. Periksa Suspensi

Setelah perjalanan jauh sangat mungkin membuat kinerja suspensi motor menjadi tidak lagi optimal, cara mudah melakukan pengecekan bisa dengan melihat tampilan selongsong tabung suspensi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: