Hijaukan Pesisir Pekalongan, Babinsa Koramil Tirto dan KT Banawa Sekar Galakkan Pembibitan Mangrove

Hijaukan Pesisir Pekalongan, Babinsa Koramil Tirto dan KT Banawa Sekar Galakkan Pembibitan Mangrove

Babinsa Koramil Tirto bersama Kelompok Tani Banawa Sekar giatkan pembibitan mangrove di Desa Mulyorejo, Kecamatan Tirto.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN.CO.ID - Untuk mendukung penghijauan di wilayah pesisir, Babinsa Koramil Tirto bersama Kelompok Tani (KT) Banawa Sekar terus menggalakkan kegiatan pembibitan mangrove.

Babinsa Koramil Tirto Serma Heru Bejo Santoso bersama Kelompok Tani Banawa Sekar tampak melakukan pembibitan mangrove di Desa Mulyorejo, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan, Kamis, 4 Juli 2024. 

Kegiatan ini bertujuan untuk memenuhi ketersediaan bibit mangrove. Bibit tanaman bakau ini akan ditanam di pesisir pantai guna melindungi daratan dari ancaman abrasi yang kian mengkhawatirkan, khususnya di wilayah pesisir pantai Kabupaten Pekalongan.

Serma Heru Bejo Santoso mengatakan, sebanyak 750 benih mangrove jenis Rhizopora mukronata disemai untuk menjadi bibit bakau. Nantinya, bibit bakau ini akan ditanam di pesisir. Tak hanya bermanfaat untuk mencegah erosi dan abrasi tetapi juga berfungsi sebagai habitat bagi berbagai jenis fauna laut.

"Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan. Dengan menanam mangrove, kita berharap bisa menjaga kelestarian alam dan memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat sekitar," ucapnya.

Baca juga:Kodim Pekalongan Bersama Kapilaska SMAN 1 Kajen Bersih-bersih Pantai dan Tanam Mangrove di Pantai Depok

Ketua Kelompok Tani Banawa Sekar, Muhammad Ridha, menyambut baik inisiatif ini. Mereka berharap kolaborasi antara TNI dan masyarakat dapat terus berjalan dan membawa dampak positif bagi kelestarian lingkungan.

"Kami sangat berterima kasih atas perhatian dan upaya yang dilakukan oleh Babinsa, semoga kegiatan seperti ini terus berlanjut dan dapat menjadi edukasi dan bermanfaat bagi masyarakat," kata dia.

Dengan adanya program pembibitan mangrove ini, diharapkan wilayah pesisir Desa Mulyorejo menjadi lebih hijau dan terlindungi serta dapat memberikan manfaat ekologis dan ekonomi bagi masyarakat setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: