Green Kalcer, AHM Ajak Jurnalis Kenali Proses Daur Ulang Limbah Rumah Tangga

Green Kalcer, AHM Ajak Jurnalis Kenali Proses Daur Ulang Limbah Rumah Tangga

AHM Ajak Jurnalis Kenali Proses Daur Ulang Limbah Rumah Tangga.-istimewa -

Semarang – Konsisten jalani Environmental, Social, and Governance (ESG) Mission, PT Astra Honda Motor (AHM) bersama seluruh jaringan main dealer motor Honda di Indonesia menggelar kegiatan kepedulian lingkungan bertajuk Green Kalcer

Salah satu agendanya telah berjalan Kamis 4 Juli 2024, dimana AHM bersama beberapa jaringannya termasuk Main Dealer Astra Motor Jateng menggelar “Proses Daur Ulang Limbah Rumah Tangga” yang dilaksanakan secara hybrid (online offline) dan mengundang sejumlah jurnalis daerah untuk bergabung dalam sharing ini.

Secara special, AHM mengundang R.B. Sutarno selaku penggiat lingkungan dan penerima Kalpataru tahun 2020 untuk menjadi pembicara dalam sharing tersebut.

Setiap peserta mendapatkan edukasi penanganan limbah rumah tangga dan apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari pengolahan sampah dimana salah satunya bisa menjadi penghasilan tambahan. 

R.B. Sutarno menjelaskan bahwa pengolahan sampah bisa dilakukan dengan beberapa cara diantaranya tau dan mengerti bagaimana pemilahan sampah rumah tangga/swasta, menggunakan metode komposting, maggot, biopori, atau eco enzyme, bekerjasama dengan Bank Sampah, dan pengangkutan sampah yang terjadwal. 

Bukan hanya diedukasi secara teori, Main Dealer Astra Motor Jateng juga menyediakan alat praktik agar jurnalis bisa mengikuti tutorial Sutarno saat melakukan cara “pengomposan sederhana” menggunakan sekam/serbuk gergaji/tanah dan juga praktek “eco enzyme” yang bisa dimanfaatkan untuk membuat cairan pembersih atau sabun ramah lingkungan.

“Pengurangan sampah di sumber secara terpadu dan berkesinambungan akan menunjang penghijauan serta memperkuat ketahanan pangan masyarakat hingga tercapai hidup sehat sejahtera. Upaya ini bukan hanya tugas instansi tertentu saja, tetapi kita semua termasuk swasta,” ucap Sutarno.

Administration and Finance Manager Astra Motor Jateng I Nyoman Sukadana memberitaukan bahwa Astra Motor Jateng telah bekerja sama dan melakukan pembinaan dengan “Bank Sampah Semangat Sejahtera” Kota Semarang dalam pengolahan sampah.

Astra Motor Jateng sendiri telah memberikan beberapa bantuan sejumlah alat yang mendukung kegiatan pengolahan Bank Sampah tsb. 

“Dengan semangat Sinergi Bagi Negeri, Astra Motor Jateng akan konsisten berkontribusi kepada Masyarakat salah satunya dibidang lingkungan. Pembinaan bank sampah ini tidak akan terhenti begitu saja tetapi akan terus berlanjut,” ungkap Nyoman. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: