Geliatkan Literasi, Disperluska Batang Harap 248 Desa Kelurahan di Batang Diharapkan Punya Perpustakaan

Geliatkan Literasi, Disperluska Batang Harap 248 Desa Kelurahan di Batang Diharapkan Punya Perpustakaan

Kepala Disperpuska Batang - Suprapto-Radar Pekalongan/Novia Rochmawati-

BATANG, RADAR PEKALONGAN - Hingga saat ini baru 93 desa keluarahan dari 248 desa se Kabupaten BATANG yang memiliki Perpustakaan Desa (Perpusdes). Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan (Disperpuska) BATANG, Suprapto berharap seluruh desa di kabupaten BATANG bisa memiliki Perpusdes

Dengan adanya perpusdes, kegiatan literasi di Kabupaten Batabg bisa semakin menggeliat hingga tingkat bawah. 

"Saat ini baru sekitar 93 desa kelurahan yang punya Perpusdes. Dan yang aktif masih sekitar 48 perpusdes. Kami berharap tahun ini ada peningkatan dan ke depannya semua desa bisa mempunyai perpustakaan," ujar Suprapto saat diwawancarai beberapa waktu lalu. 

BACA JUGA:Jadi Kabupaten Kota Hemat Energi, Pemkab Batang Ajak OPD dan Industri Galakkan Konservasi Energi

Suprapto menyebut, adanya perpusdes ini nantinya dapat menambah wawasan masyarakat. Terlebih jika buku bacaan di sana diisi dengan buku yang berkaitan dengan pembangunan Kabupaten Batang. 

BACA JUGA:35 Kantor Pertanahan di Jawa Tengah Terapkan Layanan Berbasis Elektronik

"Jadi isi buku bacaannya juga harus menyesuaikan dengan program-program kabupaten Batang. Misalnya buku yang berhubungan dengan pengentasan stunting, atau buku pengembangan bahasa asing untuk mendukung SDM Batang agar bisa bersaing global di tengah pembangunan wilayah Industri," Imbuhnya.

Tak hanya sekadar bacaan, hadirnya perpusdes juga diharapkan bisa memacu kegiatan literasi lainnya. Seperti aneka pelatihan untuk. masyarakat. 

"Jadi biasanya dimulai dengan bacaanya. Misalnya di sana ada buku bacaan seperti resep menu ikan untuk mencegah stunting pada anak. Nah dari buku itu materinya diaplikasikan dan dijadikan pelatihan untuk masyarakat, sehingga masyarakat tak hanya membaca tetapi bisa langsung mempraktekkan langsung ilmu yang mereka pelajari," tandasnya. (nov) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: