Catat Ini, Tahun 2020 Ada 31 Paket Pekerjaan dengan Anggaran Rp 52,1 Miliar

Catat Ini, Tahun 2020 Ada 31 Paket Pekerjaan dengan Anggaran Rp 52,1 Miliar

Bupati Wihaji saat mengecek proses pengecoran jalur Bandar-Gerlang tahun anggaran 2019. (Dok Istimewa)

BATANG - Pada tahun 2020 ini ada 31 paket pekerjaan infrastruktur berupa jalan dan jembatan yang bakal dibangun oleh pemerintah Kabupaten Batang.

Bupati Batang, Wihaji mengatakan, memasuki tahun ketiga kepemimpinnya, pembangunan infrastruktur berupa jalan dan jembatan masih akan tetap menjadi fokus utama.

"Pada tahun ini, kita sudah anggarkan Rp 52,1 miliar untuk pembangunan jalan, saluran drinase dan jembatan. Jumlah totalnya ada 32 peket pekerjaan," ujar Bupati Wihaji ketika ditemui di kantornya, Senin (2/3/2020).

Bupati Wihaji menjelaskan, pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan menjadi ikhtiar pihaknya untuk mengkoneksikan jalur-jalur perekonomian. Pasalnya, pembangunan akses jalan mampu menghidupkan dan mempercepat pertumbuhan perekonomian masyarakat di suatu wilayah.

"Pembangunan infrastruktur jalan adalah ikhtiar pencapaian tujuan pembangunan daerah untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat. Jika akses jalan baik, maka diharapkan pertumbuhan perekonomian suatu wilayah juga akan ikut meningkat," jelas Bupati Wihaji kepada radarpekalongan.co.id.

Lebih lanjut dijelaskan, dari 31 paket pekerjaan, semuanya dibiayai menggunakan uang rakyat. Untuk saat inisebagian peket sudah mulai masuk dalam tahap lelang di Sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).

"Saya harap semua paket pekerjaan bisa tepat waktu dan tepat mutu, sehingga uang rakyat yang digunakan untuk membangun bisa dirasakan manfaatnya," tandas Wihaji.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Batang, Ketut Mariadji menjelaskan, dari 31 paket, ada dua pekerjaan dengan nilai anggaran Rp 10,7 miliar berasal dari bantuan Provinsi (Banprov).

"Total Banprov sebesara Rp 10,7 miliar. Rp 5 miliar untuk pemeliharaan ruas Jalan pantai Jodo-Krengseng Kecamatan Gringsing, Rp 5,7 miliar untuk peningkatan ruas Jalan Tambakboyo - Pacet Kecamatan Reban," beber Ketut.

Pemkab Batang juga mendapat 2 paket pekerjaan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) totalnya Rp 16.7 miliar, yaitu untuk peningkatan Jalan Tulis Batiombo Kecamatan Tulis sebear Rp 10 miliar, Peningkatan Jalan Perintis Kemerdekaan Kecamatan Batang Rp 6.7 miliar.

Dijelaskan pula, untuk program rehabilitasi jalan dan jembatan dengan anggaran APBD yang totalnya Rp 22.8 miliar ada 19 paket pekerjaan, mulai dari pembangunan trotoar Jalan Jendral Sudirman Kecamatan Batang Rp 3.2 miliar. Pelebaran tikungan ruas Jalan Tersono - Sangubanyu Desa Pujut Kecamatan Tersono Rp 400 juta. Rigid Jalan Cepokokuning-Lawangaji Rp 350 juta.

Pengaspalan Jalan Dukuh Roban sampai dengan Dukuh Wonorejo Desa Kedungsegog Rp 220 juta. Pembangunan rabat beton Dukuh Ngluwuk Deles-Pranten Rp 250 juta. Rabat Beton Jalan Ngasinan Gunungsari - Ngluwuk Deles Rp 220 juta.

Pembangunan jalan aspal Kebon Lancip Dukuh Gombang Desa Kemligi Rp 270 juta, pengaspalan Jalan Desa Terban -Warungasem Rp 220 juta, pengaspalan Jalan Desa Gondang-Duku Andongsili Rp 350 juta, pemeliharaan Jalan Pajang (Sisa DAK) Rp 800 juta. Pemeliharaan Jalan Ki Mangun Sarkoro (Sisa DAK) Rp 1.3 miliar, pengaspalan Jalan Desa Wonomerto - Desa Tombo (Ruas Pesalakan Tombo) Rp 2.4 miliar. (don/hmb)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: