Cegah Banjir, Warga Bersihkan Buangan Kali Mrican

Cegah Banjir,  Warga Bersihkan Buangan Kali Mrican

BERSIHKAN - Sejumlah warga Desa/ Kecamatan Wiradesa dari berbagai elemen masyarakat bersama sama membersihkan enceng gondok dari Buangan Kali Mrican untuk mencegah banjir. TRIYONO

WIRADESA - Untuk mengantisipasi terjadinya bencana banjir di wilayah Pantura Kota Santri, Jumat (17/1) ratusan warga Desa Wiradesa Kecamatan Wiradesa terjun langsung ke buangan Kali Mrican. Warga bersama sama turun ke area kali untuk menbersihkan enceng gondok dan sampah yang dapat menghambat aliran air sungai.

Selain warga sekitar dalam Jumat bersih tersebut juga dibantu oleh petugas Balai Pamali Comal yang turun langsung ke sungai. Dalam aksi bersih bersih tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Desa Wiradesa Kecamatan Wiradesa, Teguh Santoso.

"Untuk kegiatan Jumat bersih ini semua elemen masyrakat ikut turun ke lokasi diantaranya juga dari Polsek Wiradesa, Koramil Wiradesa, Pemerintah Desa, Karang Taruna, Ansor/Banser, Pemuda Pancasila," kata Teguh Santoso disela sela bersih bersih Kali Mrican.

Adapun kegiatan ini lanjut dia, selain untuk mencegah terjadinya banjir karena musim penghujan juga supaya lingkungan menjadi bersih dan indah. Dengan lingkungan yang bersih maka masyarakat juga akan terbebas dari segala bentuk penyakit baik itu Demam Berdarah, diare atau lainnya.

"Aksi ini juga untuk menanamkan kesadaran masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan, menjaga air dan alam sekitar. Dengan begitu maka anak anak kita bisa menikmati hidup bersih dan lingkungan bersih terhindar dari bencana banjir, " lanjutnya.

Sementara tokoh pemuda Desa Wiradesa Kecamatan Wiradesa, Abdul Kohar mengaku bahwa bersih Jumat ini untuk menggugah kesadaran para pemuda agar terus menjaga lingkungan yang bersih. "Sebab kalau bukan generasi muda siapa lagi yang menjadi generasi penerus bangsa untuk menjaga lingkungan sekitar. Untuk kegiatan ini juga dilaksanakan secara rutin secara terprogram, " imbuhnya. (Yon)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: