Kegemaran KH Ahmad Dahlan Bermain Sepak Bola, Tertanam Sampai ke Muhammadiyah

Kegemaran KH Ahmad Dahlan Bermain Sepak Bola, Tertanam Sampai ke Muhammadiyah

Kegemaran KH Ahmad Dahlan bermain sepak bola-bandungmu.com-

RADARPEKALONGAN.CO.ID - Di samping dikenal sebagai santri yang alim, sejak kecil ternyata KH Ahmad Dahlan juga gemar bermain sepak bola.

Pada tanggal 1 Agustus 1868 silam, di Yogyakarta lahir seorang anak yang kelak menjadi tokoh ulama besar sekaligus pahlawan kemerdekaan yang disegani.

Nama kecilnya Muhammad Darwis, putra keempat dari pasangan KH Abu Bakar dan Ibu Siti Aminah. KH Abu Bakar dikenal sebagai ulama sekaligus khatib terkemuka di Masjid Besar Kesultanan Yogyakarta.

Dari jalur ayah, nasab Muhammad Darwis sampai kepada salah satu tokoh sepuh Wali Songo, yakni Maulana Malik Ibrahim atau biasa dikenal dengan gelar Sunan Gresik.

BACA JUGA:Kebiasaan dan Kegemaran KH Hasyim Asy'ari yang Jarang Diketahui

BACA JUGA:Mengenal KH Amir Idris Pekalongan, Menantu KH Sholeh Darat Semarang

Setelah pengetahuan agamanya dinilai cukup, KH Abu Bakar memerintah Muhammad Darwis untuk berangkat haji sekaligus menimba ilmu di Makkah.

Saat berangkat ke Makkah, Muhammad Darwis berusia 15 tahun, di sana ia berguru ke banyak ulama besar pada zamannya, di antara guru-guru beliau adalah Sayyid Bakri Syatha dan Syekh Ahmad Khatib Minangkabau.

Sosok yang kelak mendirikan Muhammadiyah ini menimba ilmu di Makkah awalnya sekitar 5 tahun, pada tahun 1888 beliau pulang kembali ke tanah air. Namun setelahnya beliau juga pernah berguru kembali ke Makkah lagi.

Saat pulang ke Indonesia yang pertama itu, Muhammad Darwis sudah berubah nama menjadi Ahmad Dahlan, dilansir dari tirto.id nama tersebut diberikan oleh Sayyid Bakri Syatha, salah satu guru beliau di Makkah.

BACA JUGA:Kedekatan Habib Ahmad Al-Athas dengan Habib Hasyim bin Yahya, Kakek dari 2 Ulama Besar Asal Pekalongan

Singkat cerita KH Ahmad Dahlan pun mendirikan Muhammadiyah pada tanggal 18 November 1912, dan sampai sekarang Muhammadiyah masih menjadi salah satu organisasi Islam besar di Indonesia.

Gemar Bermain Sepak Bola

Di samping dikenal sebagai santri yang ulet dan alim, semenjak kecil Muhammad Darwis atau KH Ahmad Dahlan juga diketahui sangat gemar bermain sepak bola.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: