Kakanwil Kumham Jateng Lantik PPNS, MPDN, dan Notaris Pengganti, Tekankan Profesionalisme dan Penegakan Hukum

Kakanwil Kumham Jateng Lantik PPNS, MPDN, dan Notaris Pengganti, Tekankan Profesionalisme dan Penegakan Hukum

Pelantikan MPDN, PPNS, dan Notaris Pengganti oleh Kakanwil Kemenkumham Jateng, Senin, 21 Oktober 2024.-Dok/Kemenkumham Jateng-

SEMARANG, RADARPEKALONGAN.CO.ID - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah (Kemenkumham Jateng), Tejo Harwanto, melantik dan mengambil sumpah jabatan 43 anggota Majelis Pengawas Daerah Notaris (MPDN), 2 Pejabat Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS), dan 2 Notaris pengganti pada Senin, 21 Oktober 2024 di Aula Kresna Basudewa Kanwil setempat.

Dalam sambutannya, Kakanwil Tejo Harwanto menjelaskan bahwa PPNS memiliki kewenangan untuk melakukan penyidikan tindak pidana dalam rangka penegakan undang-undang yang menjadi dasar hukumnya.

“Saya berharap Saudara/i PPNS dapat menggiatkan upaya pembentukan kesadaran hukum di masyarakat serta melakukan penegakan peraturan perundang-undangan dengan objektif dan adil,” ujar Tejo.

BACA JUGA:Kemenkumham Jateng Gelar Seleksi CAT Calon Notaris Tahun 2024, Diikuti 50 Peserta

BACA JUGA:Ditjen AHU Akan Adakan Uji Kompetensi Notaris, Kemenkumham Jateng Beri Dukungan Penuh

Kepada anggota MPDN, Tejo memberikan arahan untuk segera menyusun program kerja pembinaan dan pengawasan terhadap seluruh notaris di wilayah kerja masing-masing.

Ia juga menekankan agar Pengganti Antarwaktu (PAW) anggota MPDN segera beradaptasi dengan lingkungan kerja baru dan aktif dalam pengawasan serta pembinaan terhadap notaris.

Untuk notaris baru maupun notaris pengganti, Tejo berpesan agar selalu mengikuti perkembangan hukum terkini agar akta yang dibuat dapat mendukung terciptanya ketertiban hukum bagi klien dan masyarakat.

Ia juga mengingatkan notaris pengganti untuk senantiasa menerapkan prinsip kehati-hatian, mematuhi Kode Etik, serta memenuhi kewajiban dan menjauhi larangan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Jabatan Notaris dan peraturan perundang-undangan lainnya.

BACA JUGA:Kakanwil Kemenkumham Jateng Pastikan Tes CPNS Tahun 2024 Adil dan Transparan

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Anggiat Ferdinan, serta sebagai saksi pelantikan Kepala Bidang Hukum Deni Kristiawan dan Kepala Sub Bidang Pelayanan Administrasi Hukum Umum Widya Pratiwi Asmara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: