Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi Anak dalam Belajar Membaca
(Studi Kasus di TK Muslimat NU Sabilul Huda A

Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi Anak dalam Belajar Membaca<br>(Studi Kasus di TK Muslimat NU Sabilul Huda A

TK (Taman Kanak-kanak) Muslimat NU Sabilul Huda terletak di Desa Ambowetan 02 RW 03, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang.

Lembaga pendidikan ini memiliki jumlah murid sebanyak 40 orang, terdiri dari 22 anak di Kelompok A dan 18 murid di Kelompok B.

Dalam kesehariannya, murid-murid TK Muslimat NU Sabilul Huda dibimbing oleh sebanyak 6 (enam) tenaga pengajar.

Artikel ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan penulis, terkait upaya meningkatkan kemampuan konsentrasi anak-anak didik dalam pelajaran membaca.

Adapun yang menjadi subjek penelitian yaitu murid-murid di Kelompok B TK Muslimat NU Sabilul Huda yang berjumlah 18 orang.

Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metodologi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR).

Proses pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi terbuka dan observasi terfokus.

Seluruh rangkaian penelitian berlangsung selama 3 (tiga) bulan, mulai bulan Mei hingga Juli 2022.

Sebelum penelitian dilakukan, penulis menjumpai 3 (tiga) kondisi yang dialami oleh para murid, yaitu:

1) Anak-anak sulit berkonsentrasi pada saat guru memberikan pelajaran membaca huruf dan kata.

2) Anak-anak mengalami kesulitan mengingat huruf dan kata yang telah dibaca.

3) Pelafalan atau pengucapan huruf dan kata masih sulit dimengerti.

Untuk mengatasi ketiga kondisi tersebut, penulis melakukan tindakan-tindakan sebagai berikut:

Untuk mendukung kemampuan berkonsentrasi terhadap suatu pelajaran, maka anak-anak membutuhkan sesuatu yang mereka pandang menarik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: