PT Sumitomo Pastikan Tak Pekerjakan Tenaga Kerja Asing dari China

Selasa 04-02-2020,11:13 WIB

Perwakilan PT Sumitomo Toshiro Onuki dan Heri Siswanto memberikan penjelasan terkait tenaga kerja asing yang diperkerjakan di PLTU Batang.

BATANG - PT Sumitomo selaku Maine Coon atau kontraktor utama pembangunan PLTU Batang, memastikan tidak ada tenaga kerja asing dari China yang dipekerjakan.

Hal itu diungkapkan perwakilan PT Sumitomo, Toshiro Onuki menanggapi data dari Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Batang terkait adanya enam tenaga kerja asing dari China yang diperkerjakan di pembangunan PLTU 2 X 1.000 MW.

"Kita sudah tidak mempekerjakan lagi tenaga kerja asing dari China sejak bulan Oktober lalu," ungkap Toshiro Onuki.

Toshiro Onuki didampingi Heri Siswanto menjelaskan, sebelumnya memang ada enam tenaga kerja dari China. Mereka bekerja dibagian kontruksi hanya selama beberapa bulan saja. "Untuk tenaga kerja China bekerja pada Agustus hingga Oktober 2019 saja, setelah itu tidak bekerja lagi di pembangunan PLTU Batang," jelasnya.

Untuk saat ini tenaga kerja asing yang bekerja di PT Sumitomo mayoritas dari Jepang. Selain itu, ada juga Philipina, India, Inggris dan Singapura.

"Selama ini kita secara rutin melaporkan jumlah tenaga kerja asing yang bekerja di PT Suwitomo. Laporan kita berikan pada Imigrasi, Satwasker yang mengawasi 7 kabupaten/kota, polres, Disdukcapil, kodim, kejaksaan, Kesbangpol, kecamatan dan Disnaker," beber Heri Siswanto.

Heri Siswanto menambahkan, pihaknya mengikuti arahan dari pemerintah Indonesia dan juga Amerika terkait larangan masuknya tenaga kerja asing dari China. Langkah prefentif tersebut dilakukan sesuai instruksi yang diberikan pemerintah, terkait penyebaran virus Corona.

"Kita pastikan PT Suwitomo tidak mempekerjakan tenaga kerja asing dari China seperti arahan pemerintah terkait merebaknya virus Corona, sedangkan untuk kedepan juga belum ada," tandas Heri Siswanto. (don/fel)

Tags :
Kategori :

Terkait