Muara Penuh Enceng Gondok Disulap Jadi Wisata Air

Selasa 02-07-2019,14:30 WIB

*Naik Perahu, Bupati Berkeliling Di Ciblon Sigesing

KESESI - Muara sungai dari Bendungan Gembiro di Desa Watugajah, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan kini disulap menjadi destinasi wisata air yang eksotis. Padahal, dulunya muara ini hanya dipenuhi tanaman enceng gondok yang belum didayagunakan masyarakat desa setempat untuk destinasi wisata baru di Kota Santri yang diberi nama Ciblon Sigesing.

NAIK PERAHU - Bupati Pekalongan Asip Kholbihi naik perahu mengelilingi destinasi wisata air Ciblon Sigesing di Desa Watugajah, Kecamatan Kesesi. (Hadi Waluyo)

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi didampingi Kepala Dinporaparbud Bambang Irianto, Camat Kesesi Ajid Suryo Pratondo, dan Kades Watugajah Sudarwanto mengelilingi destinasi wisata air Ciblon Sigesing di Desa Watugajah dengan menggunakan perahu, Senin (1/7) siang. Bupati Pekalongan Asip Kholbihi mengaku kagum dengan destinasi wisata baru di Kabupaten Pekalongan tersebut.

Bupati meyakini jika tempat wisata itu dikelola dengan baik, akan menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Kabupaten Pekalongan. "Kami tadi keliling ke wisata air Ciblon Sigesing di Desa Watugajah, Kecamatan Kesesi. Ini sangat luar biasa. Ini adalah muara dari Bendungan Gembiro yang dikembangkan menjadi wisata air," ujar Bupati.

Dikatakan, akan diupayakan untuk penambahan luasan dari area yang akan dijadikan tempat wisata Ciblon Sigesing tersebut. Untuk luasan yang akan dieksplorasi, kata dia, sekitar 5 hektare. "Untuk tanaman enceng gondok nanti akan dicarikan alat untuk membersihkannya. Polanya masih menggunakan BUMDes, pemkab akan membantu supaya ini bisa dimanfaatkan seluas-luasnya untuk kesejahteraan masyarakat Desa Watugajah, dan sarana rekreasi warga yang ada di Kabupaten Pekalongan, dan warga yang datang ke Kabupaten Pekalongan," katanya.

Eksotisme Ciblon Sigesing, lanjut Bupati, ditunjang dengan letaknya yang strategis. Yakni di dekat jalan provinsi yang menghubungkan Kajen dengan Kesesi, Banjarnegara, Batang, dan Wiradesa. "Saya kira ini sangat prospektif. Saya kira kita akan terus menerus melakukan upaya-upaya bertahap agar menjadi salah satu destinasi yang diperhitungkan di Kabupaten Pekalongan. Kita sudah punya 20-an destinasi wisata unggulan yang menyebar di hampir semua kecamatan di Kabupaten Pekalongan," tandas Asip.

Lokasi wisata Ciblon Sigesing juga sangat bagus sekali untuk perikanan darat, sehingga di muara itu nantinya akan ditabur benih ikan air tawar. Muara yang luas itu juga layak untuk tempat olahraga air seperti dayung. "Ini untuk wisata air luar biasa. Di pinggir-pinggirnya dibuat kafe-kafe, apalagi suasana sunset sangat eksotis. Ini luar biasa karena airnya tidak pernah kering di saat hari ini di Jawa Tengah banyak dilanda kekeringan, silahkan datang ke Kabupaten Pekalongan untuk 'ciblon sak geleme dewe'," katanya.

Bupati meyakini potensi Ciblon Sigesing jika dikelola dengan baik tidak kalah dengan wisata air di daerah-daerah lain. "Intinya ini sangat luar biasa jika dikelola dengan baik. Ingat juga pesan Pak Gubernur, seluruh tempat wisata di Kabupaten Pekalongan harus bersih dari sampah. Ini sudah bersih. Kami tadi keliling tidak ada sampah yang masuk. Jika ada yang masuk ke area sungai, akan dibersihkan oleh para pengelola tempat wisata ini. Wisata-wisata di Kabupaten Pekalongan nanti cirinya adalah bersih dari sampah," imbuhnya. (ap5)

Tags :
Kategori :

Terkait