Berjasa dan Miliki Pengabdian Luar Biasa Bagi Pramuka, Bupati Asip Terima Penghargaan Lencana Melati

Selasa 27-08-2019,11:43 WIB

KAJEN - Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi menerima tanda penghargaan Lencana Melati dari Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Komjen Pol. (Purn) Drs. Budi Waseso yang disematkan langsung oleh Gubernur Provinsi Jawa Tengah Ganjar Pronowo.

Penyematan Lencana Melati Pramuka dilakukan pada Upacara Hari Pramuka ke-58 dan Pembukaan Jambore Daerah ke-15 di Bumi Perkemahan Mustika Kabupaten Blora, Selasa (27/8/2019).

Lencana Melati sendiri merupakan lencana jasa yang diberikan sebagai tanda penghargaan kepada anggota dewasa di dalam dan di luar Gerakan Pramuka yang dianggap memiliki jasa dan pengabdian yang luar biasa bagi kepentingan Gerakan Pramuka.

Asip Kholbihi yang juga menjabat sebagai Ketua Mabicab Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Pekalongan, merupakan satu dari dua Bupati yang menerima tanda penghargaan Lencana Melati. Bupati lainnya yakni Bupati Grobogan.

Bupati Asip saat ditemui usai acara mengatakan, penghargaan Lencana Melati merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Kwarnas sebagai bentuk kepercayaan terhadap Ka Mabicab Kabupaten Pekalongan.

"Ini dikandung maksud agar dinamisasi gerakan pramuka untuk terus kita tingkatkan, sehingga pendidikan karakter, kebangsaan dan kecakapan hidup yang sekarang menjadi kebutuhan termasuk pramuka kekinian bisa kita elaborasi sampai di tingkat Kwarcab," kata Bupati.

Menurutnya Pramuka masih menjadi benteng yang kokoh untuk menolak paham radikalisme, arus globalisasi yang terlalu deras, faham-faham rasisme dan fenomena bulliying di media sosial. "Melalui gerakan pramuka inilah anak-anak akan menemukan jati dirinya sebagai manusia Indonesia, ini penting sekali," jelasnya.

Ke depan, kata Bupati, Kwarcab Kabupaten Pekalongan akan menggagas perkemahan wirakarya yang ditempatkan di desa-desa terisolir namun mempunyai potensi yang bagus.

"Dengan perkemahan ini, kita akan dorong laju pertumbuhan di desa, infrastruktur kita benahi, pemberdayaan masyarakat serta penanaman nilai-nilai pancasila dan kebhinekaan. Saya selaku Ka mabicab selalu melakukan koordinasi dan pemberdayaan kepada Kwarcab sehingga esensi pembinaan gerakan pramuka di kabupaten pekalongan dapat tercapai," harap Bupati Asip.

Tags :
Kategori :

Terkait